Kompas.com - 27/04/2022, 20:20 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap tahun, penyakit kanker masih menjadi salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia.

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Biasanya, kanker disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan jarang berolahraga.

Namun, studi terbaru membuktikan, menggabungkan tiga kebiasaan rutin dapat mengurangi risiko kanker secara drastis.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Frontiers of Aging.

Para peneliti mengungkap, memadukan kebiasaan berolahraga, serta mengonsumsi suplemen omega-3 dan vitamin D dapat menurunkan risiko kanker agresif sebesar 61 persen.

Uji coba dilakukan selama tiga tahun di Portugal, Austria, Jerman, Perancis dan Swiss dengan melibatkan 2.157 peserta berusia 70 tahun ke atas.

Tujuan peneliti adalah mengamati efek asupan suplemen omega-3, vitamin D3, dan latihan kekuatan pada setiap individu.

Baca juga: 11 Cara Mencegah Kanker Tanpa Biaya yang Besar

Mereka berusaha menentukan satu metode atau kombinasi metode mana yang dapat menurunkan risiko kanker invasif.

Sebagai catatan, kanker invasif adalah kondisi di mana sel kanker menyebar melewati jaringan yang terinfeksi ke jaringan sehat di sekitarnya.

Menurut Dr Heike Bischoff-Ferrari di University Hospital Zurich, Swiss, kombinasi dari asupan suplemen omega-3 dan vitamin D3, serta aktif berolahraga membantu peserta dalam mencegah pengembangan kanker invasif.

"Hasil studi kami meskipun dilandaskan beberapa perbandingan dan membutuhkan replikasi, bisa terbukti bermanfaat untuk mengurangi penyakit kanker."

Studi ini merupakan studi pertama yang menyelidiki kombinasi dari tiga tindakan pencegahan untuk menurunkan kemungkinan berkembangnya kanker.

Dalam mengerjakan studi ini, kata Bischoff-Ferrari, para peneliti tidak melakukan cara-cara konvensional dengan berfokus pada kontributor kanker seperti paparan sinar matahari atau kebiasaan merokok individu.

Baca juga: Sebelum Terlambat, Ubah Gaya Hidup demi Mencegah Kanker

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.