Kompas.com - 28/04/2022, 15:31 WIB

KOMPAS.com - Rendang, opor ayam, sambal goreng, gudeg dan berbagai makanan lezat lainnya merupakan hidangan wajib saat santap Lebaran.

Tak lengkap rasanya merayakan Idul Fitri bersama keluarga tanpa menikmati berbagai makanan tradisional ini.

Di sisi lain, berbagai menu tersebut sebenarnya tergolong tidak sehat karena tinggi lemak, kalori, kolesterol, garam maupun gula.

Baca juga: 5 Cara Jawab Pertanyaan Kapan Nikah Saat Silaturahmi Lebaran

Kandungan di atas bisa sangat berbahaya untuk orang yang memiliki sejumlah penyakit metabolik seperti diabetes, kolesterol, hipertensi dan asam urat.

Konsumsi berbagai makanan itu bisa membuat kadar gula, kolesterol maupun tekanan darahnya tidak terkontrol sehingga mengganggu kesehatan.

Namun, apakah itu berarti kita dilarang untuk menyantap berbagai hidangan lezat yang disajikan saat Lebaran?

Dokter spesialis penyakit dalam, RA Adaninggar,dr,SpPD membenarkan sulitnya menahan diri untuk makan saat Hari Idul Fitri.

"Rasanya tidak mungkin ya tidak makan banyak tapi kembali lagi, kita konsepnya tahu diri saja," jelasnya, dalam siaran live Instagram Rabu (27/04/2022).

Menurutnya, tidak apa-apa membebaskan diri untuk menyantap semua jenis makanan dalam satu hari bahagia tersebut selama kita tidak memiliki riwayat penyakit tertentu.

"Sehari saja its's okay setelah itu kembali lagi pada pola hidup dan pola makan yang sehat ya," ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.