Kompas.com - 28/04/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang tentu sudah pernah mengetahui istilah retinol yang sering kali muncul di dalam produk-produk skincare.

Retinol juga merupakan turunan vitamin A yang sangat baik untuk mencegah kulit wajah mengalami penuaan (anti-aging).

Menurut dokter spesialis kulit di Russak Dermatology Clinic, Dr Julie Russak, formula retinol mampu memperkuat perbaikan DNA dan bekerja pada regenerasi lapisan atas kulit.

Sehingga, retinol dapat membantu mengatasi masalah perawatan kulit umum, termasuk bintik-bintik cokelat (freckles), perubahan warna kulit, garis-garis halus (fine lines), dan kerutan (wrinkles).

Baca juga: Bakuchiol, Alternatif Retinol yang Tak Bikin Kulit Iritasi

Meskipun retinol memiliki banyak manfaat untuk kulit -khususnya dalam hal penuaan, namun masih banyak orang yang belum mengetahui secara pasti kapan harus menggunakannya untuk mencegah penuaan dini.

Nah, para ahli pun menjelaskannya lebih lanjut.

Usia yang tepat menggunakan retinol

Sebenarnya tidak ada usia yang tepat untuk mulai menggunakan retinol.

Sebagian besar ahli kulit merekomendasikan kita untuk memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit saat kita berada di usia 20-an.

"Produksi serat kolagen mulai menurun di usia 20-an," kata Dr Allison Arthur, dokter spesialis kulit di Sand Lake Dermatology Center.

"Maka dari itu, kolagen dapat membantu menjaga penampilan kulit yang halus dan montok karena kehilangan kolagen bisa menyebabkan kerutan dan kulit kendur."

"Dengan mendorong fibroblas kita untuk terus membuat kolagen, retinol dapat digunakan untuk membantu pra-remaja atau mencegah tanda-tanda penuaan di kulit sebelum mereka mulai," lanjut dia.

Baca juga: Ini Alasan Retinol Juga Bisa Diaplikasikan ke Seluruh Bagian Tubuh

Beberapa remaja yang berjuang melawan jerawat berulang juga diberi resep retinol seperti tazorac atau adapalene.

Russak pun mencatat, menggunakan retinol di usia 20-an akan meningkatkan potensi regenerasi kulit yang sangat tinggi.

Jadi, apabila kita mengalami beberapa tanda penuaan -seperti jerawat, bintik-bintik cokelat, garis-garis halus di sekitar mata atau mulut, dan kulit kusam- maka kita harus segera menggunakan retinol.

Jangan lupa memilih produk yang sesuai untuk kulit kita.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.