Kompas.com - 28/04/2022, 23:00 WIB

KOMPAS.com - Seorang pria berusia 70 tahun yang enggan disebutkan identitasnya mempertanyakan soal kehidupan seks dengan sang istri yang berusia 65 tahun.

Pria tersebut mengakui kalau dia masih menikmati seks dan keintiman. Sedangkan sang istri yang terpaut usia lima tahun darinya merasa "terlalu tua" untuk melakukan hubungan seks.

Keduanya pun masih tidur dalam satu ranjang, tapi selalu ada bantal yang memisahkan.

Pria tersebut merasa canggung saat berbicara soal seks dengan sang istri, kondisi ini membuat dirinya merasa bersalah.

Baca juga: Berapa Lama Durasi Hubungan Seks yang Ideal?

Terkadang sang istri mengatakan "baiklah, silakan", seolah-olah itu akan berhasil. Padahal untuk menjalin keintiman, dia membutuhkan foreplay.

Alhasil, keduanya seolah-olah sudah kehilangan keintiman. Dia pun menyebutkan beberapa faktor yang membuatnya canggung untuk berhubungan seks.

Termasuk di antaranya kondisi tubuh yang sudah mulai menua seiring bertambahnya usia, berat badannya terus berkurang dan kulit serta bagian tubuh lainnya mengendur dan keriput.

Menanggapi permasalahan soal kehidupan seks di usia senja, apakah kehidupan seks pasangan suami-istri pada usia tersebut masih memungkinkan?

Pamela Stephenson Connolly, seorang psikoterapis yang berbasis di Amerika Serikat mengatakan, jika dilihat dari faktor yang diungkapkan, masalah sebenarnya terletak pada citra tubuh.

"Hal-hal yang diungkapkan pada masalah itu mungkin menjadi kuncinya. Jadi, perbaiki dan mulai dari sana," kata dia, seperti dilansir The Guardian.

Baca juga: 8 Cara Hubungan Seks Bisa Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.