Kompas.com - 29/04/2022, 17:53 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak kriteria yang wajib diperhatikan saat membina hubungan dengan pasangan baru. Tujuannya, supaya tali asmara bisa tetap langgeng dan harmonis.

Apalagi bagi orang-orang yang baru saja putus atau kelamaan menjomblo, tentu ada banyak pertimbangan supaya hati tidak terluka untuk kesekian kalinya.

Dalam falsafah Jawa dikenal adanya bibit (faktor keturunan), bebet (faktor ekonomi), dan bobot (faktor kualitas) untuk menentukan pasangan yang tepat.

Baca juga: Tips Merencanakan Kencan Berdasar Zodiak Biar Hubungan Makin Langgeng

Prinsip tersebut memang bisa ditiru. Tapi, masih ada kriteria lain yang wajib diperhatikan supaya pasangan baru makin lengket dengan kita. Apa sajakah itu?

Kriteria memilih pasangan

Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor ekonomi memang punya andil dalam sebuah tali asmara.

Tapi, orang-orang yang sukses membina hubungan ternyata lebih mengutamakan sifat jujur, rendah hati, dan terbuka terhadap pengalaman, lho!

Fakta tersebut terungkap dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Research in Personality.

"Orang-orang dalam hubungan yang sukses cenderung melihat pasangannya mirip dengan mereka dalam enam ciri kepribadian" kata penulis studi, Jie Liu.

Enam ciri kepribadian yang dimaksud adalah jujur-rendah hati, emosionalitas, mudah bergaul, mudah akur, kehati-hatian, dan terbuka dengan pengalaman baru.

Liu mengatakan, pasangan yang sukses dalam hubungan lebih condong pada jujur-rendah hati dan terbuka terhadap pengalaman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.