Kompas.com - 01/05/2022, 04:30 WIB

KOMPAS.com - Hingga saat ini, masih banyak anak-anak yang mengalami penganiayaan dan pelecehan di berbagai belahan dunia.

Ironisnya, hal ini memang masih sulit dihentikan. Padahal, anak yang mengalaminya dapat mengalami kerugian di kemudian hari.

Dikutip dari PsyPost, sebuah studi menemukan, anak yang mengalami kekerasan emosional berisiko lebih tinggi mengalami insomnia dan ketergantungan alkohol saat beranjak dewasa.

Studi yang diterbitkan di jurnal Addictive Behaviors Reports tersebut mengamati anak yang mengalami kekerasan emosional, dan hasilnya ditemukan bahwa mereka lebih mungkin mengalami insomnia di kemudian hari.

Masalah tidur itulah yang kemudian memicu anak-anak mengalami ketergantungan alkohol.

Baca juga: Kekerasan ART dan Pengasuh pada Anak, Mimpi Buruk Orangtua

Memang, umum bagi seseorang untuk mengalami kesulitan tidur akibat mengalami trauma.

Untuk itu, peneliti ingin melihat apakah insomnia yang disebabkan oleh trauma masa kanak-kanak akan menimbulkan respons yang sama.

Hasilnya, ditemukan bahwa menangani dan merawat anak yang memiliki trauma di masa kanak-kanak dapat mencegah hal ini terjadi di kemudian hari.

Insomnia ringan bisa diatasi dengan beberapa cara, salah satunya dengan melakukan ritual rutin menjelang waktu tidur.Unsplash/Alexandra Gorn Insomnia ringan bisa diatasi dengan beberapa cara, salah satunya dengan melakukan ritual rutin menjelang waktu tidur.
Terkait proses studi, para peneliti mengamati 941 orang mahasiswa yang diminta untuk mengisi kuesioner terkait trauma masa kecil dan indikasi penganiayaan.

Para peneliti juga melihat jumlah anggota keluarga yang mendukung, insomnia, atau mengalami masalah dengan alkohol.

Halaman:
Sumber Moms


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.