Kompas.com - 02/05/2022, 14:34 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Para pemilik anjing dan kucing tentu tak asing dengan kebiasaan kejar-mengejarnya.

Nah, salah satu mainan yang kerap digunakan oleh pemilik kucing adalah laser pointer. Jadi, kita hanya perlu mengarahkan pointer ke suatu arah hingga kucing “mengejarnya.”

"Laser pointer cukup populer karena berbagai alasan,” ujar Jessica M. Sewell, BAS, CVT, LVT, RVT, CPhT, dokter regional dan assistant director untuk FGA.

"Benda ini relatif murah, bisa ditemukan di mana saja, dan mudah digunakan, serta menghibur, baik bagi kucing maupun tuannya, dan mengahdirkan waktu untuk bonding,” tambahnya.

Namun di balik manfaatnya, laser menembakkan cahaya terang menyilaukan yang membuat kita berpikir dua kali sebelum membelinya.

Jadi, apakah laser pointer berbahaya?

Menurut Krista Miller, DVM, dokter hewan di Thrive Affordable Vet Care, Baton Rouge, sebenarnya laser sangat aman bagi manusia.

Namun, jangan arahkan cahayanya langsung ke mata hewan, yang dapat merusak retina di kemudian hari.

Sementara itu, United States Food and Drug Administration, mengatakan bahwa tembakan laser sangat kecil, membuat mata memfokuskan sinar laser ke titik yang sangat kecil dan intens di retinanya.

“Sayangnya hal ini dapat mengakibatkan luka bakar atau titik buta,” ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.