Kompas.com - 03/05/2022, 18:44 WIB

KOMPAS.com - Selama bertahun-tahun, cokelat telah menjadi salah satu bahan makanan maupun minuman yang digemari banyak orang.

Bahkan, sebelum terkenal di seluruh dunia, cokelat pertama kali diseduh menjadi minuman oleh bangsa Maya, dan digunakan sebagai mata uang oleh suku Aztec, sebelum sampai ke Spanyol melalui penjelajah Hernan Cortes.

Saat ini, cokelat pun hadir dalam beragam menu makanan seperti dessert atau hidangan penutup yang manis dan tentu saja lezat.

Beberapa negara di dunia juga memiliki dessert cokelat yang berbeda-beda.

Nah, berikut adalah delapan resep dessert unik dari berbagai penjuru dunia yang wajib dicoba, khususnya bagi para pencinta cokelat.

1. Brigaderio dari Brazil

Dessert khas Brazil ini pertama kali dibuat setelah Perang Dunia II.

Cerita berlanjut bahwa politisi Eduardo Gomes, yang pangkat militernya adalah Brigaderio, memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Presiden.

Lantas, kampanyenya dilakukan dengan menawarkan suguhan manis kepada publik.

Karena susu dan gula sangat dijatah, kombinasi cokelat, susu kental manis, mentega, dan taburan cokelat pun digunakan sebagai gantinya.

Saat ini, brigaderio sering disajikan dalam wadah permen kertas atau mangkuk kecil dan cukup populer di kalangan orang dewasa maupun anak-anak.

2. Sachertorte dari Austria

Mungkin salah satu dessert paling unik di seluruh dunia adalah sachertorte dari Austria.

Sachertorte merupakan kue bolu cokelat dua lapis yang yang terdiri dari selai aprikot dan lapisan cokelat.

Asal usul dessert ini berasal dari koki magang berusia 16 tahun, Franz Sacher, yang membuat hidangan tersebut untuk mengesankan Kanselir Negara Bagian Austria, Von Metternich dan tamu-tamunya pada tahun 1832.

Resep aslinya diyakini sebagai rahasia yang dijaga dengan baik dan hanya dapat diakses oleh koki pastry di Hotel Sacher di Wina.

Namun, resep klasik pada umumnya membutuhkan telur, gula bubuk atau icing sugar, cokelat couverture hitam, gula kastor, aprikot, dan tepung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.