Kompas.com - 05/05/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Bernostalgia atau mengenang kembali momen bahagia dan sedih yang pernah terjadi dalam kehidupan memang dapat memainkan perasaan kita.

Walau terdengar "cuma mengingat kenangan masa lalu", ternyata manfaat dari bernostalgia untuk diri sendiri tidak bisa diremehkan, lho!

Pasalnya, aktivitas itu membuat orang-orang merasa lebih dicintai dan menyadarkan mereka tentang berharganya kehidupan untuk dijalani.

Fakta tersebut terungkap dalam sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan di Journal of Personality and Social Psychology.

Baca juga: Tak Selalu Membahagiakan, tapi Nostalgia Sehatkan Mental

Hasil didapat setelah peneliti mendorong responden untuk mendengarkan lagu favorit yang mereka sukai dari masa lalunya.

Manfaat bernostalgia

Sebelum mengetahui sisi positif dari bernostalgia, ketahui dulu awal mula istilah ini dapat terbentuk.

Nostalgia sebenarnya terdiri dari dua kata dalam bahasa Yunani, yakni nostos yang artinya kepulangan dan algos yang berarti rasa sakit.

Walau demikian, pengertian nostalgia sempat mengalami perubahan ketika dokter asal Swiss, Johannes Hofer, mengidentifikasi hal ini sebagai sindrom medis baru pada tahun 1688.

Anggapan yang menyebut nostalgia adalah gangguan kesehatan lambat laun mengalami perubahan makna.

Kini, kita dapat memahami pengertian dari bernostalgia untuk menunjukkan rasa kesadaran diri, pahit, dan positif yang muncul dari kenangan indah dan bercampur dengan kerinduan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.