Kompas.com - 05/05/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Apalah arti hidup bila kita tidak bahagia. Orang-orang di belahan bumi mana pun pasti menginginkan kebahagiaan dalam hidup.

Walau belum berada di titik tersebut, kita seringkali membayangkan hal-hal yang menurut diri sendiri dapat menciptakan kebahagiaan, seperti ingin rumah dan mobil mewah atau memiliki banyak uang.

Terasa menyenangkan memang memikirkan hidup bila bergelimang harta.

Baca juga: Bahagia Tanpa Bergantung pada Pasangan, Begini Caranya...

Tapi, membiarkan pikiran mengembara dengan membayangkan hal yang tidak-tidak ternyata membuat kita tidak bahagia.

Kenapa bisa?

Pikiran mengembara menyita hampir separuh waktu kita

Seringkali kita menilai kebahagiaan bersumber dari kesuksesan secara karier maupun finansial. Padahal, ini juga bisa didapat bila kita tidak membiarkan pikiran mengembara.

Menurut dua peneliti dari Universitas Harvard, pikiran manusia rata-rata mengembara alias melakukan mind wandering sebanyak 47 persen dari waktunya.

Hasil itu didapat setelah mereka mengeksplorasi perasaan dan pengalaman ketika pikiran mengembara pada tahun 2010 dalam studi berjudul "A Wandering Mind Is an Unhappy Mind".

Mereka meneliti 2.250 orang dewasa yang sudah menyatakan persetujuannya dengan mengirimkan beberapa pesan melalui SMS yang dikirimkan secara acak dalam sehari.

Baca juga: Mengapa Terkadang Sukses Tak Membuat Kita Bahagia?

Ada beberapa pesan yang dikirimkan kepada mereka.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.