Kompas.com - 07/05/2022, 13:26 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kotak pasir menjadi bagian penting dari kehidupan kucing. Kendati demikian, ada beberapa kucing yang tak menyukainya.

Ya, memiliki kucing yang tidak selalu buang air di kotak pasirnya adalah tantangan umum bagi banyak pemilik kucing.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu kucing lebih nyaman dengan kotak pasirnya, bahkan menyukai tempat buang airnya itu.

Berikut daftarnya.

Memiliki kotak pasir yang cukup

Kucing seringkali menjadikan kotak pasirnya sebagai area pribadi. Karena itu jika kita memiliki banyak kucing, akan jadi masalah jika tak punya beberapa kotak pasir.

Kucing bisa menjadi hewan teritorial dan tidak selalu suka berbagi kotak kotorannya. Banyak kucing juga memiliki pilihan untuk berbagi (atau tidak berbagi) kotak kotoran mereka dengan kucing lain.

Beberapa kucing mungkin gugup atau tidak nyaman menggunakan kotak pasir yang digunakan kucing lain. Dalam kasus tertentu, beberapa kucing dapat menggertak kucing lain di rumah dan tidak mengizinkan mereka mengakses kotak pasir.

Untuk memastikan bahwa semua kucing di rumah memiliki akses ke kotak pasir, kita harus memiliki kotak dilebihkan satu. Misalnya jika memiliki tiga kucing, maka sediakan minimal empat kotak.

Baca juga: Jarang Disadari, Inilah 9 Tanda Kucing Terlalu Dimanja

Ilustrasi kucing buang air di kotak pasir. SHUTTERSTOCK/URYUPINA NADEZHDA Ilustrasi kucing buang air di kotak pasir.
Berikan privasi pada kucing

Kucing harus merasa nyaman saat mengakses kotak pasirnya.

Jadi, jika memiliki anak kecil di rumah, pastikan mereka paham bahwa kotak pasir bukan tempatnya bermain dan mereka tidak boleh mengganggu kucing saat memakai kotak pasir karena masalah kebersihan dan kenyamanan kucing.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Cuteness
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.