Kompas.com - 07/05/2022, 22:52 WIB

KOMPAS.comRazor burn dan razor bump yang muncul setelah mencukur rambut, baik di ketiak maupun area kemaluan, seringkali membuat kita merasa risih.

Razor burn ditandai dengan kulit yang iritasi dan kemerahan, sedangkan razor bump menyebabkan rambut yang sudah dicukur tumbuh kembali namun ke arah dalam.

Munculnya dua masalah itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya, tidak menggunakan krim cukur atau mencukur dengan arah yang salah.

Lantas, kalau kulit telanjur mengalami iritasi seteah mencukur apa yang seharusnya kita lakukan?

Bahan alami untuk mengatasi kulit iritasi

Kulit sensitif memang menjadi penyebab utama mengapa iritasi dapat muncul setelah mencukur.

Untungnya ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan supaya iritasi yang dirasakan karena razor burn dan razor bump bisa teratasi. Lalu, apa sajakah itu?

Cuka sari apel mungkin juga bisa membantu sebagai salah satu minuman untuk mengecilkan perut.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Cuka sari apel mungkin juga bisa membantu sebagai salah satu minuman untuk mengecilkan perut.

1. Cuka sari apel

Tidak perlu repot-repot pergi ke apotek untuk membeli gel atau obat, karena kita dapat memanfaatkan cuka sari apel yang ada di rumah.

Cuka sari apel dikatakan memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang membantu meredakan kulit yang gatal dan teriritasi.

Asam asetat yang terkandung dalam cuka sari apel dapat mengatasi luka kecil dan iritasi kulit setelah mencukur.

Tidak hanya itu, kandungan alpha hydroxy acid (AHA) dan asam sitrat dapat meningkatkan pergantian sel.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.