Kompas.com - 08/05/2022, 09:52 WIB

KOMPAS.com - Berjalan kaki menjadi salah satu latihan yang bagus untuk menghilangkan kelebihan lemak yang menumpuk di sekitar perut.

Dalam sebuah studi kecil terhadap 20 wanita, para peneliti menemukan, mereka yang berjalan kaki tiga kali seminggu selama rentang 12 minggu mengalami penurunan berat badan dan lingkar pinggang yang mengecil.

Dibandingkan dengan kelompok kontrol, kelompok yang berjalan kaki mengalami pengurangan lemak perut visceral (lemak yang menempel di organ), serta lemak subkutan perut (lemak yang berada tepat di bawah kulit) secara signifikan.

Baca juga: Hilangkan Perut Buncit di Usia 50, Begini Tips Olahraga yang Benar

Berjalan kaki itu penting

Mantan pelatih pribadi yang juga penggila jalan kaki, Carla Birnberg, mengatakan, meskipun berjalan kaki tidak terlalu banyak melibatkan perut, namun latihan ini sangat penting dalam mengurangi lemak tubuh berkat efek pembakaran kalorinya.

Selain itu, latihan berjalan juga merupakan bentuk dari meditasi bergerak.

"Peningkatan kadar kortisol dapat meningkatkan penyimpanan lemak tubuh di perut."

"Oleh sebab itu, berjalan kaki mampu memompa jantung untuk mengurangi kadar kortisol melalui sifat penghilang stres yang fantastis," terangnya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan jalan dalam hal kehilangan lemak, Birnberg pun mengungkapkan bahwa konsistensi adalah kuncinya.

"Apakah kita punya waktu 15 menit atau 55 menit? Nah manfaatkan itu untuk berjalan kaki," saran dia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.