Kompas.com - 10/05/2022, 08:11 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bayi manusia tentu tidak boleh diberi makanan untuk orang dewasa sebelum cukup umur. Begitu pula anak kucing yang tidak bisa sembarangan diberi makanan kucing dewasa.

Pasalnya, kucing memiliki kebutuhan nutrisi berbeda, bergantung pada tahap kehidupannya.

Dilansir dari Be Chewy, anak kucing perlu makanan padat nutrisi yang membantunya tumbuh. Namun, saat mendekati akhir periode pertumbuhan, pola makan kucing harus diubah untuk memenuhi tuntutan tubuh baru kucing yang beranjak dewasa.

Untuk itu, kita perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk beralih ke makanan kucing dewasa berikut cara melakukannya.

Pentingnya beralih dari makanan anak kucing ke makanan kucing dewasa

Sebelum membahas kapan waktunya beralih dari makanan kucing ke makanan kucing dewasa, kita perlu tahu apa saja manfaat beralih makanan ini.

Makanan anak kucing dirancang untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Karena itu, makanan anak kucing umumnya memiliki lebih banyak kalori, protein, dan lemak dibandingkan makanan kucing dewasa.

Lalu, makanan kucing juga memiliki asam docosahexaenoic (DHA) yang memadai, serta asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan penglihatan.

Jumlah vitamin dan mineral di dalamnya lebih tinggi, sementara rasio kalsium dan fosfornya optimal.

Jika kucing dewasa terus mengonsumsi makanan anak kucing, obesitas bisa terjadi.

Menurut Association for Pet Obesity Prevention, sekitar 60 persen kucing peliharaan mengalami obesitas. Artinya, risiko masalah kesehatan seperti diabetes, arthritis, dan hepatic lipidosis (penyakit jantung fatal) pun meningkat.

Baca juga: Kapan Kita Bisa mengadopsi Anak Kucing?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Be Chewy
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.