Kompas.com - 10/05/2022, 12:07 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sama seperti manusia, kucing pun bisa merasa bosan jika berada di dalam rumah seharian.

Jika dibiarkan, kebosanan kucing dapat menyebabkan perilaku buruk, seperti mencakar sofa, menggigit dan mengunyah benda-benda, agresif, dan menyebabkan masalah kesehatan.

Namun sebenarnya ada beberapa cara untuk mencegah kucing merasa bosan dan tetap terhibur. Berikut daftarnya.

Membuat waktu bersama

Meski sudah banyak yang kembali bekerja di kantor, tak sedikit pula orang yang masih work from home atau bekerja dari rumah saat ini. Karena itu, baik kita dan kucing di rumah perlu menyesuaikan diri.

Salah satu cara untuk membantu kucing menyesuaikan diri adalah dengan membuat rutinitas baru yang mencakup waktu bersama.

“Coba berjalan-jalan bersama selama lima belas menit pada waktu yang sama setiap hari selama seminggu. Pergilah ke tempat yang nyaman, santai, lalu luangkan waktu lima belas menit untuk berbicara dengan kucing, membelainya, dan memberi kucing semua perhatian,” saran spesialis pet enrichment Purina Alex Johnson, MS.

Lalu, lihat bagaimana kucing bereaksi terhadap waktu bersama itu setelah prosesnya berjalan selama satu minggu atau lebih. Kucing bisa saja mencari kita karena sangat menikmati waktu istimewa itu.

Jika bisa, lanjutkan waktu bersama itu setiap hari dan mempertimbangkan untuk menggabungkannya dengan memperkenalkan aktivitas baru bagi kucing.

Memberi mainan

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Purina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.