Kompas.com - 10/05/2022, 12:21 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dalam istilah kebiasaan merokok tak cuma ada istilah perokok aktif dan pasif. Tapi ada istilah yang disebut thridhand smoker atau perokok tipe ketiga.

Istilah tersebut merujuk pada risiko kesehatan yang ditimbulkan dari asap rokok. Bahaya tersebut bisa mengintai meski mereka tidak menjadi perokok aktif atau pasif.

Perlu diketahui, asap rokok adalah bentuk dari residu atau sisa nikotin dan bahan kimia lain yang terkandung pada rokok.

Zat atau partikel tersebut bisa tertinggal di pakaian dan menempel di permukaan lain seperti pada dinding, karpet dan permukaan lain setelah seseorang merokok di area tersebut.

Para peneliti percaya bahwa bahan kimia atau partikel tersebut dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh, seperti halnya perokok aktif dan pasif.

Buruknya, residu asap rokok yang menumpuk dari waktu ke waktu di sebagian besar permukaan cenderung sulit dibersihkan.

Partikel ini bisa bertahan selama berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

“Ini tidak bisa dihilangkan dengan metode pembersihan biasa dan Anda tidak dapat mengeluarkannya dari ruangan atau mobil dengan kipas angin atau penyedot debu,” jelas Dr. Choi.

Untuk alasan ini, terkadang satu-satunya solusi adalah mengganti karpet, mengecat ulang dinding, dan membersihkan sistem ventilasi.

Jadi, sangat mahal untuk benar-benar membersihkan ruangan dari paparan, residu hingga bahaya asap rokok demi keluarga sehat.

Baca juga: Apakah Paru-paru Perokok Kembali Normal Setelah Berhenti Merokok?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.