Kompas.com - 10/05/2022, 13:41 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 M Jusuf Kalla (JK) menerima penghargaan tertinggi dari Pemerintah Jepang yakni bintang tanda jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun.

Seperti yang dikutip dari Kompas.com, Selasa (10/5/2022), penghargaan ini diberikan karena JK dianggap berkontribusi dalam meningkatkan hubungan persahabatan Jepang-Indonesia saat menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia.

JK juga dikenal memiliki hubungan yang hangat dan kedekatan dengan pihak Jepang, baik saat mengabdi di dalam pemerintahan maupun ketika di luar pemerintahan.

Ada pun prosesi penganugerahan ini berlangsung di Istana Kaisar Jepang atau Imperial Palace.

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, M Jusuf Kalla (JK) bersama istrinya, Mufidah Jusuf Kalla saat menerima penghargaan dari pemerintah Jepang. Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, M Jusuf Kalla (JK) bersama istrinya, Mufidah Jusuf Kalla saat menerima penghargaan dari pemerintah Jepang.
JK terlihat didampingi oleh sang istri, Mufidah Jusuf Kalla, saat memasuki area kawasan Istana Kaisar sekitar pukul 09.30 waktu Tokyo, Jepang.

Mengenakan pakaian adat Riau

Berdasarkan informasi yang dihimpun Juru Bicara JK, Husain Abdullah, JK memakai pakaian adat Teluk Belanga, Kepulauan Riau, saat menerima penghargaan dari Pemerintah Jepang.

Dia menambahkan, sebelum keberangkatan ke Istana Kaisar Jepang, JK tampak mengikuti persiapan sederhana dibantu putra-putrinya.

"Menyiapkan kostum sekaligus melepas keberangkatannya dari Hotel Imperial ke istana untuk menerima penghargaan," tulis Husain dalam keterangannya.

Jas yang dibuat dalam waktu 1 x 24 jam

Untuk melengkapi penampilannya tersebut, JK juga tampak mengenakan jas tutup yang dibuat oleh desainer ternama Indonesia, Didiet Maulana.

Melalui laman Twitter miliknya @didietmaulana, Didiet mengungkapkan bahwa proses pembuatan jas tutup yang dikenakan JK tersebut sangatlah singkat, hanya 1 x 24 jam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.