Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2022, 11:56 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Barang-barang yang dijual dalam pelelangan memang selalu menarik. Entah itu karena nilai sejarahnya, kelangkaannya, atau keunikannya.

Bahkan baru-baru ini, ada satu barang unik dan langka yang dijual di lelang, yaitu Nintendo Wii berlapis emas 24 karat.

Disebutkan, developer game THQ awalnya ingin memberikan Nintendo Wii tersebut pada Ratu Elizabeth II pada 2009 silam.

Dilansir dari Kotaku, Nintendo Wii berlapis emas yang disebut “The Golden Wii” itu dilelang oleh seorang kolektor asal Belanda dan pemilik situs Consolevariations bernama Don.

Memang, konsol tersebut tak akan bisa digunakan karena pihak Nintendo telah menon-aktifkan Wii bertahun-tahun lalu. Namun, dengan kelangkaan desain dan koneksinya dengan sang ratu, tentu benda ini tetap berharga untuk didapatkan.

Nah, untuk mengenal The Golden Wii lebih dalam, simak fakta yang dilansir dari Lifestyle Asia, berikut ini.

Konsol game Nintendo Wii emas ini pada awalnya dibuat untuk dikirimkan ke Ratu Elizabeth II.Donny Fillerup/consolevariations.com VIA CNN Konsol game Nintendo Wii emas ini pada awalnya dibuat untuk dikirimkan ke Ratu Elizabeth II.
Fakta ‘The Golden Wii’

Tidak pernah sampai ke tangan Sang Ratu

Wii berlapis emas ini seharusnya menjadi produk promo untuk koleksi mini-game THQ, Big Family Games. Namun, konsol tersebut tidak pernah sampai ke tangan Ratu Elizabeth II karena kebijakan pemberian hadiah kerajaan yang ketat.

Akhirnya, konsol tersebut dikembalikan ke THQ yang bangkrut pada tahun 2012. Konsol itu akhirnya jatuh ke tangan seseorang yang tidak disebutkan namanya pada tahun 2017, dan Don mendapatkan konsol itu darinya.

Penawaran sebelumnya gagal karena perubahan peraturan eBay

Ini bukan pertama kalinya Nintendo Wii berlapis emas itu dilelang. Don sempat mencoba menjualnya di eBay pada Oktober 2021. Harga yang dimintanya adalah 300.000 dolar AS atau sekitar Rp 4,36 miliar.

Meskipun harganya tinggi, Don menerima sekitar 700 tawaran.

Beberapa bulan sebelumnya, tepatnya pada April 2021, Don mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa alasan dia menjual konsol tersebut adalah karena dia 'terus melanjutkan hidup'.

“Saya telah berada di satu tempat sepanjang hidup saya, inilah saatnya untuk mendapatkan tempat saya sendiri. Kadang-kadang, sulit bagi saya untuk memiliki waktu luang atau bersantai. Akhir-akhir ini semua yang saya kerjakan hanyalah CV dan pekerjaan sehari-hari. Ketika saya pulang, saya tidak bisa menghabiskan banyak 'me time' jadi saya ingin mengambil langkah baru dan move on,” ujar Don.

Namun, eBay menutup penjualan setelah membuat perubahan kebijakan, yang menentukan sejarah penjual dengan nilai barang yang dijual. Perubahan tersebut mencegah penjual menjual barang di luar barang yang biasa dijualnya.

Saat ini, Don telah mengajukan 'The Golden Wii' untuk dilelang di situs lelang Goldin, di mana dia terus menerima tawaran hingga 21 Mei mendatang.

Saat artikel ini dibuat, The Golden Wii telah menerima 20 penawaran, dengan penawaran terbesar saat ini 4750 dolar AS atau sekitar Rp 69 juta.

Baca juga: Jadi Koleksi, Harga Kaset Gim Nintendo DS dan PSP Meroket

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com