Kompas.com - 12/05/2022, 04:51 WIB

KOMPAS.com - Selama bercermin, kita menyadari adanya bulu hidung yang tumbuh, bahkan beberapa mencuat keluar dari lubang hidung.

Keluarnya bulu hidung ini terasa mengganggu dan dapat merusak penampilan, sehingga kita memutuskan untuk mencabut bulu hidung tersebut.

Pertanyaannya, apa fungsi bulu-bulu di hidung kita? Apa yang terjadi jika kita mencabut bulu hidung itu secara sembarangan?

Baca juga: Jarang Diketahui, Ternyata Bulu Hidung Bermanfaat bagi Kesehatan Manusia

Seperti dikutip laman Cleveland Clinic, permukaan bagian dalam hidung memiliki folikel rambut seperti rambut di bagian kepala.

Menurut spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) Michael Benninger, MD, bulu hidung memiliki fungsi yang penting.

Sebagai filter udara alami

"Saat kita bernapas melalui lubang hidung, rambut di hidung akan menghalangi dan mengumpulkan debu, serbuk sari, dan partikel lain yang bisa masuk ke paru-paru kita," jelas Benninger.

Lapisan tipis lendir pada bulu hidung membuat partikel-partikel asing itu menempel, dan akhirnya berada di dinding bagian dalam saluran hidung.

Partikel yang terperangkap nantinya akan dikeluarkan ketika kita bersin atau membersihkan hidung dengan tisu.

"Bulu hidung kita benar-benar menjalankan tugas dengan baik," kata Benninger.

Studi menunjukkan, ada baiknya memiliki bulu hidung yang lebat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.