Kompas.com - 12/05/2022, 08:46 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Membersihkan dan membereskan rumah mungkin terasa menjemukan bagi beberapa orang. Tak jarang, beberapa orang membiarkan rumahnya berantakan karena malas membersihkannya.

Namun, nampaknya mulai saat ini, kebiasaan malas itu perlu dibuang jauh-jauh. Pasalnya, membersihkan dan membereskan rumah rupanya memiliki manfaat bagi kesehatan mental seseorang.

Ya, meski mungkin itu mengagetkan, rupanya beberapa ahli kesehatan mental meyakininya.

“Saya merasa tidak banyak yang tahu bahwa membereskan rumah adalah suatu bentuk self-care (menyayangi diri), dan itu bermanfaat bagi pikiran dan tubuh kita,” ujar co-founder dari The Home Edit, Clea Shearer.

Baca juga: Membersihkan Rumah Bakar Kalori Lebih Banyak dari Lari 5 Kilometer

Nah, untuk memahami bagaimana membereskan rumah dapat memiliki manfaat bagi kesehatan, simak paparan yang dilansir dari Lifestyle Asia, berikut ini.

Manfaat kesehatan dan fisik dari membereskan rumah

Perlu diketahui, mengelilingi diri sendiri dengan kekacauan dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Sebuah studi yang diterbutkan di Sage Journals menemukan bahwa perempuan yang hidup di tempat yang berantakan umumnya memiliki kadar hormon stres yang lebih tinggi.

Sebaliknya, mereka yang tinggal di rumah yang tenang dan bersih tidak hanya memiliki kadar stres yang lebih rendah, namun juga tidak terlalu sedih.

Selain itu, psikolog klinis berbasis di Atlanta Neha Khorana, PhD mengatakan bahwa jika tinggal di tempat yang berantakan, risiko depresi dan kecemasan meningkat.

Nah, jika tempat berantakan akan membuat kita stres dan cemas, tentu membereskan rumah adalah kuncinya. Bahkan, membereskan rumah dapat memberi kita manfaat berikut:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.