Kompas.com - 12/05/2022, 15:15 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bisa dikatakan, kentang merupakan salah satu bahan makanan yang paling disukai orang-orang karena serbaguna dan tidak mudah rusak.

Ya, kentang memang memiliki umur simpan yang lama. Bahkan, jika kita menyimpannya dengan benar, kentang bisa bertahan hingga berbulan-bulan.

Nah, agar kentang semakin awet dan tahan lama, simak tips menyimpan kentang, berikut ini.

Cara menyimpan kentang

Kunci untuk membuat kentang bertahan lama adalah menyimpannya di tempat yang sejuk, kering, dan gelap, seperti dapur, kotak kardus, atau kantong kertas cokelat.

Jika ingin kentang benar-benar awet selama mungkin, simpan di tempat yang berventilasi baik sekitar 10 derajat Celsius, dan pastikan kentang tidak terkena sinar matahari.

Pasalnya, jika mendapatkan terlalu banyak sinar matahari, kentang akan menghasilkan senyawa beracun yang disebut solanin. Hasilnya, kentang akan menjadi pahit, tidak dapat dimakan, dan berpotensi menyebabkan mual.

Baca juga: Tips Menyimpan Pisang agar Segar Lebih Lama

Jangan menyimpan kentang dalam lemari es

Kentang memang harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering, tetapi lemari es bukan jawabannya.

Selain karena suhu lemari es yang terlalu dingin untuk kentang, jumlah gula dalam kentang akan meningkat dan menghasilkan bahan kimia berbahaya yang disebut akrilamida.

Jadi, jangan mendinginkan kentang, ya.

Apakah kita bisa membekukan kentang?

Kentang mentah tidak perlu dibekukan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.