Kompas.com - 12/05/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Berendam dengan garam epsom ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya untuk menenangkan otot-otot tubuh.

Pendiri Formularium, Cordelia Smith, mencatat, garam ini biasanya disamakan dengan garam laut biasa.

Tetapi, perbedaan utamanya adalah magnesium sulfat yang hanya dapat ditemukan di air dan terlihat seperti butiran garam.

Sementara itu, menurut seorang herbalis dan aromaterapis di Saje, Trevor Tuytemken Ellestad Van Somer, garam epsom memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari proses penyembuhan rasa sakit, menenangkan otot hingga pikiran.

Baca juga: Cara Menggunakan Garam Epsom untuk Nutrisi Tanaman

Kendati demikian, tidak semua varietas garam epsom sama.

"Banyak garam mandi konvensional di pasaran saat ini menggunakan garam sintetis atau buatan yang penuh dengan wewangian dan pewarna buatan," kata Trevor.

"Namun, jika kita memilih formula yang lebih baik, kita dapat merasakan semua manfaat yang tercantum di atas dan banyak lagi yang lain," ujar dia.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak berbagai manfaat kesehatan berendam dengan garam epsom dan seberapa sering kita harus melakukannya.

Manfaat berendam dengan garam epsom

Manusia telah berendam dengan garam epsom sejak berabad-abad lalu, untuk menyembuhkan dan meredakan nyeri otot, bahkan untuk mengurangi tekanan mental.

Berkat kandungan magnesiumnya, garam epsom ini benar-benar berfungsi dapat mengurangi peradangan dan membantu dalam relaksasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.