Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2022, 18:33 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai pecinta kucing, tentu wajar jika kita ingin merawat kucing liar yang berkeliaran di sekitar rumah atau di jalanan. Bahkan meski tidak kita pelihara di rumah, kita kadang berniat untuk memberi kucing-kucing liar itu makan dan minum.

Namun sebenarnya, makanan seperti apa yang sih yang bisa kita berikan pada kucing-kucing liar itu dan bagaimana tips untuk melakukannya?

Untuk memahaminya, simak paparan yang dilansir dari The Spruce Pets, berikut ini.

Apa yang harus kita berikan pada kucing liar?

Hal yang bisa kita lakukan untuk pertama kalinya sebelum memberi makan kucing liar adalah memperhatikan usia kucing. Sebab, porsi dan makanannya bisa berbeda.

Menurut organisasi advokasi kucing Alley Cat Allies, kebanyakan kucing dewasa makan 5,5 ons makanan kaleng dan 2 ons makanan kering per harinya.

Jika kita hanya memberi makan makanan kering, satu kucing dewasa akan makan sekitar 1/2 cangkir makanan kering per harinya.

Sementara itu, anak kucing yang disapih dari susu induknya mungkin memerlukan lebih banyak makanan, dan harus diberi makanan khusus untuk anak kucing.

Keputusan untuk memberi makan kucing dengan makanan kering atau makanan basah pun dapat bergantung pada cuaca di tempat kita tinggal dan waktu.

Misalnya, saat cuaca panas, ketika suhu dan kelembapan tinggi, makanan kaleng bisa rusak lebih cepat dan bisa cepat kering, berbeda dengan makanan kering.

Nah, jika cuaca seperti ini namun tetap ingin memberi kucing makanan basah kaleng, tambahkan air ekstra untuk membantu mencegahnya mengering.

Lalu, kita juga perlu membuang sisa makanan yang tidak dimakan setelah 30 menit.

Makanan kering yang belum dimakan harus dibuang setelah dibiarkan antara 30 hingga 45 menit. Selain bertujuan mencegah kucing liar lain menelan makanan basi secara tidak sengaja, ini dapat mencegah satwa liar lain dan/atau serangga masuk ke makanan.

Selain itu, kita bisa memakai mangkuk khusus anti semut dan tempat makan yang cocok dipakai saat cuaca menghangat.

Kita juga dapat menuangkan soda kue atau tanah diatom food grade di sekitar mangkuk makanan (dan air). Percaya atau tidak, semut tidak akan melewati penghalang ini.

Sementara itu, saat cuaca dingin, kita bisa memberi kucing lebih banyak makanan. Sebab, kucing memerlukannya untuk menambah energi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com