Kompas.com - 13/05/2022, 15:09 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagian besar penduduk China yang mengikuti rangkaian ujian masuk universitas atau gaokao adalah anak muda.

Ujian gaokao merupakan sebutan rangkaian tes masuk ke perguruan tinggi di China.

Walau harus bersaing dengan peserta yang lebih muda, hal itu tidak membuat pria berusia 55 tahun yang bernama Liang Shi ini pupus harapan.

Di tahun 2022, Liang yang merupakan pengusaha bahan bangunan di Chengdu, China bagian barat daya kembali ingin mewujudkan mimpinya untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi favoritnya itu meski sudah 25 kali gagal.

Tes kali ini adalah ujian masuk universitas yang ditempuhnya untuk ke 26 kali. Kisah pria 55 tahun ini pun viral di media sosial

Baca juga: Ada Jungkook di Ujian Universitas di Malaysia

Awal ikut ujian sejak 1983

Dia mengakui, awal mengikuti tes ujian masuk ke kampus tersebut dilakukan pada tahun 1983. Akan tetapi pada saat itu, dia dinyatakan tidak lulus ujian di tes pertama.

"Nilai saya rendah pada saat itu, tetapi keinginan saya untuk kuliah sangat kuat,"

"Itulah mengapa saya tidak menyerah setelah bertahun-tahun,” kata Liang sebagaimana dilansir South China Morning Post, Jumat (13/5/2022).

Pemilik bisnis bahan bangunan di Chengdu ini sangat ingin berkuliah di Universitas Sichuan sejak dia masih remaja.

Liang mengatakan, dia melewatkan 14 kali kesempatan atau tes masuk karena urusan pekerjaan dan kebijakan pemerintah setempat yang melarang mahasiswanya untuk menikah sebelum mereka berusia 25 tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.