Kompas.com - 15/05/2022, 15:14 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat mengadopsi kucing baru, kucing biasanya akan terlihat takut. Padahal, kita telah melakukan apapun yang kita bisa untuk membuatnya merasa aman.

Kucing biasanya akan menunjukkan ketakutannya saat mendengar suara keras atau melihat anak-anak dan hewan peliharaan kita yang lain.

Ya, meski kita memiliki rumah yang tenang, kucing bisa lari dan mencari-cari tempat bersembunyi saat melihat orang atau hewan asing yang memicu ketakutannya.

Biasanya, kucing akan bersembunyi di tempat yang sulit dijangkau, seperti di bawah sofa, kursi, dan tempat lain yang membuat kita sulit menemukannya,

Kucing yang ketakutan juga bisa buang air sembarangan, terdiam, atau menjadi agresif: menggeram, mencakar, memukul, atau mendesis saat didekati.

Untungnya, kita bisa mengetahui perasaan kucing dari bahasa tubuhnya.

Jika telinganya terlihat mengarah ke belakang, matanya nampak melotot, melengkungkan punggung dan bulunya terangkat, atau “berjongkok” hingga tubuhnya dekat ke tanah, itu adalah beberapa tanda bahwa kucing merasa takut.

Selain pemicu di atas, ketakutan kucing ini bisa disebabkan karena kucing mengalami beberapa pengalaman traumatis di tempat penampungan atau saat dipelihara di rumah orang lain.

Mungkin, ada kucing atau hewan lain menyerangnya, tidak diberi makan dengan benar, atau tidak memiliki lingkungan rumah yang nyaman.

Baca juga: Apakah Kucing Bisa Depresi?

Namun tak perlu khawatir. Meski awalnya terasa sulit mendekatkan diri dengan kucing, langkah berikut bisa membuat ketakutan kucing mereda perlahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Cuteness
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.