Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Menyimpan Ubi Jalar agar Tetap Enak Dimakan

Kompas.com - 16/05/2022, 11:21 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika memiliki stok ubi jalar cukup banyak, kemungkinan besar kita tidak mampu memakan semuanya dalam hari yang sama dan ingin menyimpannya untuk dimakan di lain hari.

Pertanyaannya, bagaimana cara menyimpan ubi jalar agar awet dan tetap enak dimakan?

Tidak perlu bingung.

Sebab, peneliti dan spesialis keamanan makanan di University of Rhode Island's Food Safety Outreach and Research Program, Nicole Richard punya solusinya.

Richard berpendapat, tempat terbaik untuk menyimpan ubi jalar mentah adalah dengan memasukkannya ke dalam wadah yang gelap namun memiliki ventilasi udara yang baik.

“Hindari menyimpan ubi jalar di lemari es, karena bagian tengahnya akan mengeras dan rasanya menjadi tidak enak,” ujar Richard, seperti dikutip dari Martha Stewart.

Selain itu, mendinginkan ubi jalar dalam lemari es juga dapat membuat jaringan internal ubi menggelap dan menyebabkan kerusakan.

Selain di tempat yang gelap, Richard mengatakan ubi jalar bisa disimpan di tempat lain, seperti countertop atau meja dapur.

Kendati demikian, kita perlu mengawasi keadaan ubi. Pasalnya, menyimpan ubi jalar di tempat seperti countertop yang terekspos sinar matahari dapat membuat ubi bertunas.

Richard juga mengatakan jika ubi jalar yang kita simpan mulai berjamur atau membusuk, sebaiknya kita langsung menjadikannya kompos atau membuangnya.

Ada beberapa cara mengukus ubi jalar agar matang sempurna dan warnanya tetap cerah. Salah satunya dengan mengecilkan api saat ubi sedang dikukus. FREEPIK/dashu83 Ada beberapa cara mengukus ubi jalar agar matang sempurna dan warnanya tetap cerah. Salah satunya dengan mengecilkan api saat ubi sedang dikukus.
Menyimpan ubi jalar matang

Menurut Richard, ubi jalar matang harus disimpan di lemari es dan dimakan dalam waktu lima hingga tujuh hari setelah disimpan.

Namun, ada yang perlu diperhatikan sebelum menyimpan ubi jalar matang di lemari es.

"Makanan matang tidak bisa dibiarkan dalam ruangan bersuhu kamar lebih dari dua jam (atau satu jam jika suhu di atas 320 Celcius) sebelum dimasukkan ke dalam lemari es atau freezer,” ujarnya mengingatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com