Kompas.com - 17/05/2022, 11:53 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan tubuh dengan melakuka beberapa kebiasaan sehat memang baik.

Namun, bagaimana jika gaya hidup sehat itu justru menimbulkan masalah kesehatan?

Ya, jika dilakukan berlebihan atau tanpa memperhatikan kondisi tubuh sendiri, beberapa kebiasaan sehat justru akan merusak tubuh kita, bukan menyehatkan.

Nah, apa saja kebiasaan sehat yang merusak tubuh tersebut? Berikut daftarnya.

Terlalu banyak minum air

Minum banyak air memang menyehatkan, namun jika berlebihan, kita bisa mengalami hiponatremia. Artinya, natrium darah menjadi terlalu rendah akibat konsumsi air berlebih.

"Ginjal kita dapat mengeluarkan 28 liter cairan per harinya, namun, hanya sekitar satu liter saja per jamnya,” ujar dokter anak dan penyakit dalam di UCHealth di Fort Collins, Christina Lang, MD.

Menurut Lang, meminum air melebihi jumlah di atas dapat memicu keracunan air dan ketidakseimbangan elektrolit tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan perpindahan cairan berbahaya ke dalam sel tubuh, terutama sel otak.

Minum air berlebihan hingga melebihi batas air yang dapat dikeluarkan ginjal dan tanpa adanya penggantian elektrolit seperti sodium dan kalium dapat menyebabkan pembengkakkan otak,” ujar Lang.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Kita Terlalu Banyak Minum Air

Olahraga berlebihan

Berolahraga berlebihan rupanya dapat menyebabkan sel-sel tubuh rusak.

Dokter bedah kardiovaskular dan direktur bedah di NYC Syrgical Associate Dr, David A. Greuner mengatakan, kerusakan sel tersebut disebabkan karena kita berolahraga di luar batas kemampuan dan tubuh beradaptasi untuk menjadi lebih kuat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.