Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2022, 14:11 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Shape

KOMPAS.com - Saat ini hyaluronic acid atau asam hialuronat menjadi salah satu bahan terpenting yang terkandung di dalam produk-produk kecantikan.

Secara alami, zat ini juga sebenarnya ditemukan di bagian tubuh tertentu, termasuk kulit kita.

Ahli kimia kosmetik dan pendiri Beauty Stat, Ron Robinson, pun mengatakan bahwa sebagai humektan, fungsi hyaluronic acid adalah untuk mengikat air sehingga dapat melumasi dan menghidrasi berbagai jaringan.

"Kita akan menemukan hyaluronic acid dalam matriks ekstraseluler atau ruang antara sel yang juga diisi dengan kolagen dan elastin, sebagai protein yang memberikan struktur, tekstur, dan warna kulit," terangnya.

"Seiring bertambahnya usia, produksi hyaluronic acid, kolagen, dan elastin tubuh kita menurun yang mengakibatkan hilangnya volume, serta hidrasi di kulit," tambahnya.

Ada pun hyaluronic acid yang kita temukan dalam produk kecantikan dibuat secara sintetis dan memiliki tujuan yang sama yakni untuk menarik kelembaban.

"Bila digunakan [secara topikal] dalam perawatan kulit, ini akan membantu menghidrasi lapisan kulit luar, meningkatkan kecerahan, dan mengisi garis dan kerutan," kata seorang dokter kulit bersertifikat, Dr Joshua Zeichner, MD.

"Anggap saja seperti spons yang meraih air untuk menghidrasi dan mengisi sekelilingnya," ujar dia.

Dan tidak hanya kulit di permukaan tubuh saja, hyaluronic acid juga dapat bermanfaat bagi kulit kepala maupun helai rambut kita.

Meskipun tidak ditemukan secara alami di rambut, hyaluronic acid tetap dapat bekerja untuk menghidrasi rambut kita dengan cara yang sama seperti pada kulit.

Baca juga: Hyaluronic Acid, Senyawa Ampuh untuk Tampil Awet Muda

Manfaatnya bagi rambut

Memberi kandungan hyaluronic acid sebelum keramas adalah salah satu cara yang bisa dilakukan dalam merawat kesehatan rambut.  PEXELS/SKANDINAVIAN Memberi kandungan hyaluronic acid sebelum keramas adalah salah satu cara yang bisa dilakukan dalam merawat kesehatan rambut.
Ahli bedah plastik wajah dan pendiri DeRose Center Plastic Surgery & Med Spa, Dr Jaimie DeRosa, MD, mengungkapkan bahwa hyaluronic acid topikal bisa melengkapi HA yang diproduksi tubuh kita secara alami.

"Menambahkannya ke dalam rutinitas kita dapat membantu melawan penurunan alami hyaluronic acid seiring bertambahnya usia dan meningkatkan hidrasi maupun kelembaban pada rambut dan kulit kepala," katanya.

Dokter Zeichner juga menuturkan bahwa hyaluronic acid merupakan bahan yang dapat digunakan setiap hari di semua jenis rambut.

Karena itu, berikut adalah tiga manfaat utama hyaluronic acid untuk rambut yang perlu kita ketahui.

• Melembabkan kulit kepala

Halaman:
Sumber Shape
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com