Kompas.com - 17/05/2022, 14:11 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat ini hyaluronic acid atau asam hialuronat menjadi salah satu bahan terpenting yang terkandung di dalam produk-produk kecantikan.

Secara alami, zat ini juga sebenarnya ditemukan di bagian tubuh tertentu, termasuk kulit kita.

Ahli kimia kosmetik dan pendiri Beauty Stat, Ron Robinson, pun mengatakan bahwa sebagai humektan, fungsi hyaluronic acid adalah untuk mengikat air sehingga dapat melumasi dan menghidrasi berbagai jaringan.

"Kita akan menemukan hyaluronic acid dalam matriks ekstraseluler atau ruang antara sel yang juga diisi dengan kolagen dan elastin, sebagai protein yang memberikan struktur, tekstur, dan warna kulit," terangnya.

"Seiring bertambahnya usia, produksi hyaluronic acid, kolagen, dan elastin tubuh kita menurun yang mengakibatkan hilangnya volume, serta hidrasi di kulit," tambahnya.

Ada pun hyaluronic acid yang kita temukan dalam produk kecantikan dibuat secara sintetis dan memiliki tujuan yang sama yakni untuk menarik kelembaban.

"Bila digunakan [secara topikal] dalam perawatan kulit, ini akan membantu menghidrasi lapisan kulit luar, meningkatkan kecerahan, dan mengisi garis dan kerutan," kata seorang dokter kulit bersertifikat, Dr Joshua Zeichner, MD.

"Anggap saja seperti spons yang meraih air untuk menghidrasi dan mengisi sekelilingnya," ujar dia.

Dan tidak hanya kulit di permukaan tubuh saja, hyaluronic acid juga dapat bermanfaat bagi kulit kepala maupun helai rambut kita.

Meskipun tidak ditemukan secara alami di rambut, hyaluronic acid tetap dapat bekerja untuk menghidrasi rambut kita dengan cara yang sama seperti pada kulit.

Baca juga: Hyaluronic Acid, Senyawa Ampuh untuk Tampil Awet Muda

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Shape
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.