Kompas.com - 18/05/2022, 12:29 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap pecinta kucing tentu ingin memberikan yang terbaik bagi kucing kesayangannya, termasuk soal makanan.

Bicara soal makanan kucing, ada dua jenis makanan kucing yang tersedia di pasaran, yaitu makanan basah dan kering.

Nah, mana yang lebih baik untuk kucing?

Untuk mengetahuinya, simak paparan yang dilansir dari Purina, berikut ini.

Makanan basah

Makanan basah adalah makanan kucing yang biasa kita temukan di kaleng atau pouch. Makanan dengan bentuk seperti ini dikemas dalam kemasan kecil dan tersedia dalam berbagai rasa.

Ukurannya yang kecil pun membuat proses mengontrol porsi lebih mudah.

Dikatakan oleh Ahli Gizi Hewan Purina, Dr. Dorothy Laflamme, makanan basah juga memiliki setidaknya 65 persen atau lebih air. Artinya, makanan basah tidak boleh dibiarkan selama lebih dari 30 hingga 60 hari setelah dibuka untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Makanan basah ini memiliki beberapa kelebihan, seperti memiliki tekstur dan bahan baku yang disukai kucing, mudah dikunyah, menjadi varian baru dari diet kucing, serta membantu meningkatkan asupan air total.

Perlu diperhatikan, meski memberi makan kucing dengan makanan basah nampak spesial istimewa atau memanjakan, itu bukan camilan. Makanan kucing basah memiliki nutrisi 100 persen lengkap dan seimbang, sehingga dapat menjadi bagian penting dari diet kucing.

Baca juga: Kapan Anak Kucing Boleh Mengonsumsi Makanan Kucing Dewasa?

Makanan kering

Ilustrasi kucing makanShutterstock/Africa Studio Ilustrasi kucing makan
Makanan kering (kibble) lebih populer di kalangan pecinta kucing karena lebih praktis dan umumnya hadir dalam kantung yang lebih besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Purina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.