Kompas.com - 18/05/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia baru saja melonggarakan kebijakan penggunaan masker untuk pencegahan Covid-19.

Masyarakat kini diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila berada di luar ruangan atau ruang terbuka yang tidak padat orang.

Namun untuk populasi rentan dan orang yang sedang kondisi tidak sehat disarankan untuk tetap menggunakan masker guna mencegah penularan virus Corona.

Baca juga: Masker Medis Biru Bikin Penampilan Pria Jadi Lebih Menarik, Percaya?

"Sehingga demikian, kita melihat secara bertahap, kita bisa mulai melakukan langkah-langkah transisi awal dari pandemi menuju endemi," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari situs resmi Penanganan Covid-19.

Langkah ini disambut gembira oleh sebagian masyarakat yang merasa sudah bosan terkungkung dengan aturan penggunaan masker.

Namun adapula yang mempertanyakan risiko kesehatannya, termasuk indikator yang tepat untuk menentukan mana situasi yang tepat untuk melepas maskernya.

Lepas masker asal tidak padat orang, berapa banyak?

Spesialis penyakit dalam, RA Adaninggar,dr,SpPD, mengatakan masyarakat harus tetap ingat jika Covid-19 masih ada dan tetap berisiko menular.

Ketetapan pemerintah ini seharusnya tidak memberikan pengaruh besar karena semuanya kini kembali pada kesadaran sendiri.

"Ibaratnya kan sekarang sudah tidak perlu disuruh lagi, paham saja risikonya masing-masing," katanya kepada Kompas.com, Rabu (18/05/2022).

Baca juga: Perlukan Anak Memakai Masker N95 atau KN95 ke Sekolah?

Meski kondisi pandemi di Indonesia tergolong landai dan terkontrol, Dokter Ning, demikian ia biasa disapa, mengingatkan jika kondisinya bisa memburuk kembali.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.