Kompas.com - 19/05/2022, 06:51 WIB

KOMPAS.com – Kehidupan seks diperlukan supaya pasangan semakin langgeng dan intim satu sama lain.

Sayangnya tidak semua pasangan punya kehidupan seks yang baik, sehingga mereka tidak mencapai kepuasan dalam berumah tangga.

Untuk mengatasi masalah tersebut, dua terapis seks asal Kanada, Peggy Kleinplatz dan A. Dana Menard, sempat melakukan penelitian pada tahun 2009 silam.

Penelitian itu dilakukan lebih dari satu dekade sebelum buku keduanya berjudul "Magnificent Sex: Lessons from Extraordinary Lovers" ditulis.

Penelitian mereka mencakup terapi seks kelompok bagi pasangan yang memiliki kehidupan seks tidak bergairah selama delapan minggu.

Dalam penelitiannya, Kleinplatz dan Menard yang dibantu lima terapis lain mewawancarai 64 orang yang sudah menikah.

Responden mereka terdiri dari 33 pria dan 30 wanita berusia 23-59 tahun dengan usia rata-rata 47,8 tahun yang mengaku punya kehidupan seks baik.

Mereka yang terjaring lantas menerima beberapa pertanyaan, seperti pendapatnya tentang perbedaan hubungan seks yang baik dan hebat.

Baca juga: Berapa Lama Durasi Hubungan Seks yang Ideal?

Kleinplatz dan Menard, dkk kemudian menanyakan pengalaman seks terbaik dalam hidup mereka selama 45 menit hingga dua jam.

Selanjutnya, tujuh terapis bekerja sama untuk mengelompokkan konsep responden yang diwawancarai.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.