Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2022, 06:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sampah selalu identik sebagai hal yang negatif dan tidak berguna.

Padahal, jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik, maka sampah sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang lebih bernilai.

Konsep ini pun kemudian diaplikasikan oleh salah satu merek kecantikan, The Body Shop, dengan mengubah sampah menjadi barang-barang yang indah dan tentu saja berguna.

Nah, untuk membuat sampah lebih berguna sekaligus mengurangi sampah, The Body Shop pun membuka Change-making Beauty Store di Indonesia.

Baca juga: The Body Shop Dukung Kaum Muda untuk Berpolitik

Ini merupakan konsep gerai terbaru yang diusung The Body Shop, yang hampir 100 persen materialnya terbuat dari bahan-bahan yang berkelanjutan (sustainable). 

Dalam membangunnya, The Body Shop juga berkolaborasi dengan social impact business partners yang memiliki visi misi yang sama tentang sampah dan sustainability.

"The Body Shop selalu berkomitmen terhadap isu lingkungan dan menjadi merek kecantikan pertama di Indonesia yang berkomitmen penuh atas program yang berkelanjutan."

Demikian penuturan Executive Chairperson & Owner The Body Shop Indonesia, Suzy Hutomo, dalam acara launching gerai terbaru The Body Shop di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (19/5/2022).

"Seperti yang bisa dilihat hampir 100 persen materi yang dipakai dalam membangunnya terbuat dari bahan bekas yang kami olah dan pakai kembali."

"Hal ini membuktikan bahwa reuse, recycle, dan upcycle itu merupakan konsep yang bisa dibuat menjadi indah dan artistik, bermanfaat, serta membantu mengurangi sampah," sambung dia.

Baca juga: Paket Hampers Ramah Lingkungan dari The Body Shop, Seperti Apa?

Memanfaatkan sampah dan barang bekas

Ada pun bahan-bahan yang digunakan untuk membangun Change-making Beauty Store ini di antaranya terbuat dari bekas pallet kayu yang digunakan untuk mengemas produk.

Ada pula puntung rokok, dan juga kemasan plastik bekas produk yang didaur ulang menjadi materi yang bisa digunakan lagi.

Menurut Suzy, social impact business partners merupakan salah satu kunci terpenting yang memungkinkan The Body Shop Indonesia melahirkan Change-making Beauty Store yang pertama.

Mitra-mitra ini memberikan kontribusi yang besar dalam mengolah dan membuat limbah yang tidak berguna menjadi suatu barang yang memiliki fungsi, serta nilai estetika yang tinggi.

Misalnya, Parongpong Raw Lab, sebuah organisasi daur ulang dan manajemen sampah pertama di Indonesia dapat mengolah sampah puntung rokok menjadi tatakan dan wadah untuk memajang produk.

Kemudian, kolaborasi dengan eCollabo8 menghasilkan meja display dan wadah makeup dari kemasan botol plastik bekas The Body Shop yang dikembalikan oleh konsumen dalam kerangka program Bring Back Our Bottle

Baca juga: Body Butter Baru dari The Body Shop Memberi Kelembapan Hingga 4 Hari

Selain terbuat dari bahan-bahan yang berkelanjutan, di dalam Change-making Beauty Store ini terdapat area untuk refill atau isi ulang produk The Body Shop seperti sabun, sampo, hingga sabun cuci tangan.

Tak hanya itu, masih banyak area menarik lainnya yang dapat dikunjungi seperti Act Corner, yang merupakan bagian terpenting dalam peran menyuarakan perubahan gaya hidup menjadi lebih berkelanjutan.

Secara global, The Body Shop juga ingin mengajak konsumennya untuk bereksplorasi, terhubung, serta teredukasi terhadap berbagai kampanye aktivisme yang mendorong perubahan yang berarti, terutama dalam hal lingkungan hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com