Kompas.com - 25/05/2022, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Melatih kekuatan mental sama pentingnya dengan merawat kesehatan tubuh. Karena kekuatan mental yang diabaikan bisa berdampak pada psikis dan fisik.

Mental yang kuat memungkinkan orang-orang untuk melalui berbagai situasi, baik ketika menghadapi tantangan berat maupun kesedihan yang teramat dalam.

“Ketika kita berbicara tentang kekuatan mental, yang sebenarnya dibicarakan adalah ketahanan emosional, yaitu kemampuan untuk mengatasi stres dan tantangan dengan cara yang sehat."

Demikian penjelasan yang disampaikan psikoterapis terdaftar asal Cleveland Clinic, Natacha Duke, MA, RP.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Mental agar Pikiran Tetap Positif

Karena banyak orang ingin memiliki mental yang "baqoh", Duke lantas membagikan beberapa cara yang bisa diikuti. Apa sajakah itu?

Pentingnya kekuatan mental

Perlu diketahui dulu bahwa kekuatan mental berbeda dengan kesehatan mental. Dua istilah ini sering disalahartikan beberapa orang.

Duke menjelaskan, orang-orang dengan penyakit mental mungkin saja telah belajar mengelola kondisi mereka dengan cara yang sehat.

Tidak menutup peluang mereka yang mengidap kondisi tersebut punya kesehatan mental yang baik dan telah memupuk ketahanan emosional.

"Demikian pula, seseorang tidak dapat memiliki riwayat penyakit mental, tetapi memiliki kesehatan mental dan ketahanan emosional yang buruk," jelas Duke.

Lebih lanjut, ia menerangkan, kekuatan mental atau bisa disebut ketahanan emosional adalah seberapa efektif orang-orang menghadapi tantangan, tekanan, dan stresor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.