Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2022, 14:20 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jam tangan skeleton, atau jam tangan dengan dial transparan ditujukan untuk mereka yang menghargai kerumitan dan ketelitian para pengrajin dalam menciptakan penunjuk waktu.

Karena tidak ada dinding atau sekat yang memisahkan jarum jam dan bagian mesin, pengguna jam tangan skeleton dapat menyaksikan indahnya gerakan mesin dari bagian dial.

Tentu saja, hampir semua proses pengerjaan skeleton watch melibatkan sentuhan tangan pengrajin, jarang menggunakan mesin.

Lalu, "jantung" atau mesin yang disematkan untuk menggerakkan arloji umumnya adalah mesin mekanis dengan banyak komponen yang kompleks.

Meski demikian, ada juga jam tangan skeleton yang memamerkan mesin kuarsa di bagian dalam cangkang.

Baca juga: Ini 20 Jam Tangan Termahal di Dunia

Daya tarik jam tangan skeleton

Kaum adam --khususnya penggemar otomotif-- cenderung mempunyai kebiasaan mengangkat kap mobil atau membongkar motor untuk menatap mesin kendaraan.

Tujuannya jelas: untuk melihat kompleksitas dan kerumitan setiap komponen mesin yang ditanamkan dalam kendaraan kesayangan mereka.

Jam Tangan Skeleton Jam Tangan Skeleton

Ketertarikan yang tinggi untuk menyaksikan jeroan mesin turut merambah industri elektronik.

Saat ini, banyak merek menciptakan casing transparan untuk komputer, speaker, hingga ponsel demi "memuaskan" hasrat konsumen.

Kondisi itu rupanya juga berlaku di industri jam tangan.

Sederet pembuat jam ternama merancang timepiece sedemikian rupa agar pengguna bisa melihat seperti apa mesin yang menggerakkan jam tangan tersebut.

Kalaupun sebuah arloji tidak memiliki dial transparan, pembuat jam akan memberikan jendela (window) di bagian cangkang belakang untuk mengungkap gerakan mesin.

Bahkan, beberapa arloji dilengkapi dial skeleton dan jendela di bagian cangkang belakang, sehingga pengguna dapat mengapresiasi keindahan mesin hasil sentuhan pengrajin jam dari kedua sisi.

Baca juga: Arloji Mewah seperti Apa yang Dikenakan Pesepak Bola Ternama?

Tidak sepenuhnya ketinggalan zaman

Ide atau gagasan untuk membuat bagian dial menjadi transparan bukanlah sesuatu yang baru.

Sekitar tahun 1769, pembuat jam Perancis, Andre-Charles Caron pertama kali mendesain ulang jam sakunya, dan memamerkan mesin yang biasanya disembunyikan di bagian bawah dial.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com