Kompas.com - 25/05/2022, 14:20 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jam tangan skeleton, atau jam tangan dengan dial transparan ditujukan untuk mereka yang menghargai kerumitan dan ketelitian para pengrajin dalam menciptakan penunjuk waktu.

Karena tidak ada dinding atau sekat yang memisahkan jarum jam dan bagian mesin, pengguna jam tangan skeleton dapat menyaksikan indahnya gerakan mesin dari bagian dial.

Tentu saja, hampir semua proses pengerjaan skeleton watch melibatkan sentuhan tangan pengrajin, jarang menggunakan mesin.

Lalu, "jantung" atau mesin yang disematkan untuk menggerakkan arloji umumnya adalah mesin mekanis dengan banyak komponen yang kompleks.

Meski demikian, ada juga jam tangan skeleton yang memamerkan mesin kuarsa di bagian dalam cangkang.

Baca juga: Ini 20 Jam Tangan Termahal di Dunia

Daya tarik jam tangan skeleton

Kaum adam --khususnya penggemar otomotif-- cenderung mempunyai kebiasaan mengangkat kap mobil atau membongkar motor untuk menatap mesin kendaraan.

Tujuannya jelas: untuk melihat kompleksitas dan kerumitan setiap komponen mesin yang ditanamkan dalam kendaraan kesayangan mereka.

Jam Tangan Skeleton Jam Tangan Skeleton

Ketertarikan yang tinggi untuk menyaksikan jeroan mesin turut merambah industri elektronik.

Saat ini, banyak merek menciptakan casing transparan untuk komputer, speaker, hingga ponsel demi "memuaskan" hasrat konsumen.

Kondisi itu rupanya juga berlaku di industri jam tangan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.