Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2022, 15:26 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minum kopi sudah menjadi gaya hidup bagi generasi muda. Kebiasaan satu ini turut berpengaruh pada perkembangan tren rasa kopi yang tengah digemari orang Indonesia.

Jika melihat tren kopi beberapa tahun belakangan, kopi susu yang dipadukan dengan gula aren menjadi salah satu rasa kopi yang disukai banyak orang.

Kemudian tren kopi berkembang karena popularitas drama Korea yang kerap memperlihatkan aktor dan aktrisnya membeli kopi Americano di beberapa adegan.

Hal itu juga membuat kopi Americano menjadi cukup populer belakangan. Namun di tahun 2022, seperti apa tren rasa kopi yang tengah diminati?

Baca juga: Penggemar Minuman Kopi dan Teh Gampang Gemuk

Menurut Sarah Angela, Senior Manager Marketing Communications Kanmogroup yang menaungi merek produsen kopi Nespresso, bicara soal tren minum kopi saat ini mirip seperti tren makanan.

Sehingga agak sulit untuk diprediksi karena yang bisa dikatakan favorit itu berdasarkan preferensi masing-masing.

Tapi jika melihat rasa kopi yang masih digemari sampai saat ini adalah kopi yang berbasis susu.

"Cuma kalau di Indonesia jenis kopi itu kan banyak yah. Ada single origin dengan cita rasanya masing-masing."

"Tapi kalau melihat favoritnya tren minum kopi ini masih yang berbasis susu," ungkap dia kepada Kompas.com, di Jakarta, baru-baru ini.

Beberapa rasa kopi berbasis susu yang dimaksud sebetulnya masih sama seperti tren minum kopi beberapa tahun ke belakang, yaitu cappuccino dan latte.

Baca juga: Cara Membuat Foam Susu Stabil, untuk Bikin Cappuccino dan Latte

"Kalau melihat varian rasa kopinya pakai biji kopi atau kapsul yang mana menjadi favorit, itu tergantung preferensi masing-masing sih," papar dia.

Kemudian dalam memprediksi tren kopi di Indonesia untuk ke depannya, pihak Nespresso perlu melakukan riset dulu dengan melihat berbagai hal.

Tujuannya tak lain adalah sebagai langkah inovasi menciptakan tren minum kopi serta memberikan kualitas terbaik dari setiap varian kopi yang diluncurkan.

"Kami ada langkah prediksi trennya. Tapi nggak bisa sembarangan. Nggak bisa asal sekadar trending saja. Karena harus dilihat dari kualitasnya, aromanya gimana dan lain-lain."

"Tentu dalam menciptakan suatu inovasi kami akan terus mengembangkan. Ada proses panjang di balik itu semua untuk menciptakan rasa yang belum pernah ada sebelumnya." tutup Sarah.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Mental, Manfaat Minum Kopi yang Jarang Diketahui

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com