Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Makanan yang Baik Dikonsumsi Orang-orang Berusia 70 Tahun, Apa Saja?

Kompas.com - 29/05/2022, 10:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika kita mencapai usia 70 tahun, sebagian besar sistem tubuh dan organ-organ di dalam tubuh kita akan mulai melemah.

Hal ini sebenarnya adalah bagian normal dari proses penuaan.

Tetapi, itu tidak berarti kita harus menghadapi semuanya dengan lesu, sehingga sangat penting untuk menjaga diri kita tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Ada pun menerapkan pola makan yang baik bisa menjadi salah satu cara yang bermanfaat untuk memastikan kita dapat meningkatkan kesehatan hingga usia 70-an.

Untuk itu, ahli diet Lauren Manaker, MS, RDN, LDN, CLEC, CPT, pun membantu menguraikan makanan yang terbaik untuk kita konsumsi saat kita berada di usia 70-an.

Baca juga: Rahasia Awet Muda Vera Wang pada Usia 70 Tahun

Nah, dilansir dari laman Eat This Not That, berikut daftar makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang berusia 70 tahun.

1. Semangka

Ilustrasi semangka, semangka termasuk salah satu buah pereda demam karena tinggi kandungan air dan antioksidan. Shutterstock/Vitalii Matokha Ilustrasi semangka, semangka termasuk salah satu buah pereda demam karena tinggi kandungan air dan antioksidan.
"Untuk orang yang berusia 70 tahun, mendapatkan cukup vitamin C mungkin sangat bermanfaat," kata Manaker.

"Data menunjukkan bahwa di antara pasien yang berusia setidaknya 75 tahun dan dirawat di unit geriatri, mereka yang memiliki kadar vitamin C lebih rendah, lebih lemah daripada mereka yang memiliki tingkat nutrisi yang memadai," sambung dia.

Manaker terus berbagi bahwa data lain menunjukkan hubungan positif antara diet dan kadar vitamin C yang beredar dengan ukuran massa otot rangka pada pria dan wanita paruh baya dan lebih tua.

Menurut Journal of Nutrition, penelitian menyebutkan bahwa asupan vitamin C mungkin memiliki peran penting dalam mengurangi kehilangan otot terkait usia.

Dengan itu, Manaker mengatakan bahwa semangka adalah sumber alami vitamin C, yang menjadikannya makanan yang baik untuk dinikmati oleh orang-orang di atas usia 70 tahun.

Baca juga: Bantu Jaga Berat Badan Hingga Menetralkan Sel Kanker, Ini 3 Manfaat Makan Semangka

2. Brokoli

Sayuran cruciferous seperti brokoli, bok choy, kubis, dan kale juga menjadi makanan penambah daya ingat yang baik.SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER Sayuran cruciferous seperti brokoli, bok choy, kubis, dan kale juga menjadi makanan penambah daya ingat yang baik.
Brokoli adalah sumber nutrisi yang bagus, termasuk lebih banyak vitamin C, yang menjadikannya tambahan yang baik untuk diet kita.

Kalsium dan kolagen yang ditemukan dalam brokoli bekerja sama untuk memberikan kita tulang yang kuat. Sedangkan, vitamin K dalam brokoli dapat membantu pembekuan darah.

Di samping itu, brokoli juga memiliki beberapa kekuatan pencernaan dan anti-inflamasi. Serat makanan dalam sayuran hijau ini dapat membantu keteraturan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Selanjutnya, dalam penelitian yang diunggah di jurnal Preventive Nutrition and Food Science, para ilmuwan menemukan efek antioksidan sulforaphane dalam brokoli membantu mengurangi penanda peradangan dalam tes laboratorium, ini menyimpulkan bahwa brokoli juga dapat membantu mengatasi peradangan.

Baca juga: Atasi Sembelit hingga Cegah Kanker, Kenali Segudang Manfaat Brokoli

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com