Kompas.com - 29/05/2022, 10:36 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketika kita mencapai usia 70 tahun, sebagian besar sistem tubuh dan organ-organ di dalam tubuh kita akan mulai melemah.

Hal ini sebenarnya adalah bagian normal dari proses penuaan.

Tetapi, itu tidak berarti kita harus menghadapi semuanya dengan lesu, sehingga sangat penting untuk menjaga diri kita tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Ada pun menerapkan pola makan yang baik bisa menjadi salah satu cara yang bermanfaat untuk memastikan kita dapat meningkatkan kesehatan hingga usia 70-an.

Untuk itu, ahli diet Lauren Manaker, MS, RDN, LDN, CLEC, CPT, pun membantu menguraikan makanan yang terbaik untuk kita konsumsi saat kita berada di usia 70-an.

Baca juga: Rahasia Awet Muda Vera Wang pada Usia 70 Tahun

Nah, dilansir dari laman Eat This Not That, berikut daftar makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang berusia 70 tahun.

1. Semangka

Ilustrasi semangka, semangka termasuk salah satu buah pereda demam karena tinggi kandungan air dan antioksidan. Shutterstock/Vitalii Matokha Ilustrasi semangka, semangka termasuk salah satu buah pereda demam karena tinggi kandungan air dan antioksidan.
"Untuk orang yang berusia 70 tahun, mendapatkan cukup vitamin C mungkin sangat bermanfaat," kata Manaker.

"Data menunjukkan bahwa di antara pasien yang berusia setidaknya 75 tahun dan dirawat di unit geriatri, mereka yang memiliki kadar vitamin C lebih rendah, lebih lemah daripada mereka yang memiliki tingkat nutrisi yang memadai," sambung dia.

Manaker terus berbagi bahwa data lain menunjukkan hubungan positif antara diet dan kadar vitamin C yang beredar dengan ukuran massa otot rangka pada pria dan wanita paruh baya dan lebih tua.

Menurut Journal of Nutrition, penelitian menyebutkan bahwa asupan vitamin C mungkin memiliki peran penting dalam mengurangi kehilangan otot terkait usia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.