Kompas.com - 29/05/2022, 10:42 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sampai saat ini, minum kopi, khususnya espresso, masih diklaim dapat memberikan berbagai macam manfaat untuk tubuh kita, serta mengurangi risiko penyakit.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition melihat hubungan antara 20.487 orang dan asupan espresso harian mereka.

Di mana, tak satu pun dari peserta memiliki penyakit kardiovaskular atau kanker pada awal percobaan dan masing-masing minum sekitar 30 ml atau lebih espresso — atau kira-kira satu shoot — setiap hari selama lebih dari delapan tahun.

Bagi pencinta espresso, ini adalah berita bagus, tetapi satu hal yang penting untuk diingat bahwa kita tetap tidak boleh mengonsumsi secara berlebihan.

Karena meskipun sesekali minum espresso memiliki banyak keuntungan, namun ada beberapa efek samping negatif dari minum terlalu banyak espresso.

"Sangat mudah untuk minum terlalu banyak espresso, terutama karena cangkirnya yang sangat kecil," kata ahli nutrisi, Lisa R. Young, PhD, RDN.

"Ini membuat kita menjadi sangat mudah untuk menginginkan espresso lainnya," sambung dia.

Baca juga: Kenali, Berbagai Efek Buruk dari Minum Kopi secara Rutin

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai dampak negatif dari minum espresso, simak beberapa efek samping mengonsumsinya seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Bisa mengganggu tidur

Sama seperti kopi pada umumnya, espresso juga penuh dengan kafein yang dapat membuat kita terjaga lebih lama dari yang kita inginkan atau membuat kita gelisah saat tidur.

Young pun merekomendasikan untuk mengurangi konsumsi kafein lebih awal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.