Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Mengatasi Cemas Akan Masa Depan

Kompas.com - 29/05/2022, 15:34 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Merenung pasti menjadi kegiatan wajib bagi para muda-mudi Gen Z sebelum tidur. Masa depan menjadi topik yang tak pernah absen lewat dipikiran sampai-sampai membuat kita cemas, tertekan, dan gelisah.

Ketika rasa cemas menghampiri, tak jarang banyak orang yang terhanyut dalam pikiran. Menurut Susan Nolen-Heoeksema, profesor psikologi Universitas Yale, merenung berkepanjangan bisa mengulang masalah di masa lampau.

Rasa cemas juga dialami oleh Lana Dania, Teman Manusia Asa. Lewat siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Cara Aku Mengendalikan Kecemasan”, dirinya mengaku pernah mengalami cemas hingga sulit bernafas dan menyebabkan nyeri di lambung. Kini, ia berhasil melewati fase tersebut setelah mengikuti anjuran dokter.

Kecemasan terhadap masa depan bisa membatasi semua orang. Ini menyebabkan kita tidak dapat menikmati momen yang terjadi saat ini karena terlalu khawatir tentang masa depan. Tindakan ini pun bisa membuat kualitas hidup kita berkurang.

Biasanya, kita akan mengalami gangguan tidur dan merasa tegang sepanjang waktu. Semua terjadi karena pikiran dan tubuh terjebak dalam ketakutan. Maka dari itu, kecemasan ini harus diatasi.

1. Atur napas dengan benar

Mempelajari dan memanfaatkan teknik pernapasan bisa berguna untuk segala bentuk kecemasan.

Saat dilanda cemas, jantung akan berdebar kencang sehingga napas menjadi cepat. Selain itu, telapak tangan juga akan berkeringat.

Namun jangan khawatir, kita bisa mengubahnya menjadi positif dengan mengendalikan pernapasan. Kita bisa mulai dengan mengambil napas dalam-dalam secara perlahan.

Baca juga: 9 Tips Atasi Cemas Saat Turbulensi Pesawat, Atur Napas dan Meditasi

2. Membuat catatan

Ketika dilanda kecemasan, terkadang kita melihat sesuatu secara berbeda. Maka dari itu, kita harus mampu mengontrolnya dengan membuat buku harian yang dapat dilihat kembali. Hal ini bisa menyadarkan kita betapa kuatnya kita bisa bertahan sampai hari ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.