Kompas.com - 30/05/2022, 06:06 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi pria atau wanita, merawat rambut panjang menjadi satu hal yang tidak bisa dianggap sepele.

Memiliki rambut panjang, berarti kita perlu merawatnya dengan tepat agar terhindar dari segala masalah rambut seperti kerusakan, rambut bercabang, tampak kusam sampai kerontokan rambut.

dr. Cintawati Farmanina, Mbio (AAM) dari Farmanina Aesthetic & Hair Clinic, Jakarta mengungkap tiga rahasia merawat rambut panjang agar tetap sehat dan tidak mudah rontok. 

Tips atau kiat merawat rambut panjang ini bisa dimulai dari mengubah kebiasaan-kebiasaan yang mungkin jarang kita lakukan. Berikut ringkasan selengkapnya: 

Baca juga: Menyesal karena Cuek Merawat Rambut, Kaka Slank Jadi Rajin ke Salon

1. Biasakan menyisir rambut

Kebiasaan satu ini tak cuma bermanfaat untuk merapikan tampilan rambut. Lebih dari itu, menyisir rambut bisa merangsang kulit kepala agar pertumbuhan rambut tetap terjaga.

Gerigi yang ada pada sisir ketika digunakan akan bersentuhan langsung dengan kulit kepala. Alat ini dapat memberikan pijatan-pijatan ringan yang membuat sirkulasi darah di kulit kepala menjadi lebih lancar.

Selain itu, menyisir rambut juga dapat mengangkat kotoran-kotoran di area kepala yang tidak tersapu oleh air ketika rambut dicuci.

Secara normal, rambut manusia akan rontok sekitar 100 helai rambut. Dengan menyisir rambut, bekas-bekas rambut yang rontok ini dapat dengan mudah terangkat dari area kepala karena sisa rambut rontok itu bisa memicu rambut kusut dan mudah rusak.

2. Memotong ujung rambut secara berkala

Demi menjaga kesehatan rambut, kita dapat membiasakan memotong ujung rambut secara berkala.

Kebiasaan ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Pasalnya, rambut manusia itu punya jangka waktu tertentu untuk berhenti bertumbuh ketika panjangnya sudah dirasa cukup.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.