Kompas.com - 30/05/2022, 06:11 WIB

KOMPAS.com – Ada beberapa perilaku anak yang menyebabkan orangtua jengkel. Seperti, kebiasaan anak menyembunyikan rahasia.

Hal itu tentu tidak boleh dibiarkan karena orangtua akan kesulitan memantau proses tumbuh-kembang anak jika si kecil menutup diri.

Apalagi jika rahasia yang disembunyikan anak merupakan sesuatu yang buruk dan dapat memengaruhi pikiran dan perasaannya.

Dalam hal ini, psikolog anak asal Irlandia Catherine Hallissey, menyarankan orangtua untuk berbicara dengan anaknya.

Setelah keran komunikasi terbuka, mereka bisa mengikuti saran berikut ini agar kebiasaan anak menyembunyikan rahasia dapat dihentikan.

Jelaskan perbedaan rahasia baik dan buruk

Perlu dipahami bahwa tidak semua rahasia yang disimpan anak buruk. Bisa saja ada rahasia baik yang sengaja ditutupi si buah hati.

Misalnya, ketika anak menyiapkan kejutan spesial di hari ulang tahun orangtua atau neneknya.

“Ini adalah rahasia menyenangkan yang akan terungkap,” kata Catherine.

“Saya merekomendasikan agar orangtua menjauh dan meminta anak untuk menyimpan rahasia dan menjadikannya sebagai kejutan,” tambahnya.

Akan tetapi anak yang usianya masih belia belum sepenuhnya mengetahui apa saja rahasia yang boleh disimpan dan perlu diungkapkan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Metro
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.