Kompas.com - 30/05/2022, 09:14 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jika memiliki seekor kucing, tentu kita paham kalau kucing tidak selalu menghampiri kita ketika namanya dipanggil, seakan tidak mengenali namanya sendiri.

Namun, tidak menghampiri bukan berarti kucing tidak mengenali namanya sendiri lho.

Pasalnya, menurut sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Scientific Reports pada 2019, kucing rupanya mengenali namanya sendiri.

Untuk diketahui, peneliti utama dalam studi tersebut adalah ilmuwan perilaku bernama Atsuko Saito dari Universitas Sophia di Tokyo. Sebelumnya, Saito melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa kucing dapat mengenali suara pemiliknya.

Lalu untuk studi pengenalan nama kali ini, tim peneliti mengamati kucing yang tinggal di rumah biasa, serta kucing yang tinggal di kafe kucing.

Hasilnya, ditemukan bahwa kucing yang tinggal di kafe dapat membedakan namanya sendiri dari kata benda umum. Kendati demikian, kucing-kucing itu tidak dapat membedakan namanya sendiri dari nama kucing lain yang tinggal di kafe.

Di sisi lain, kucing yang tinggal di rumah mampu membedakan namanya sendiri dari kata benda umum dan nama kucing lain yang tinggal di rumah.

Jadi, para peneliti menyimpulkan bahwa kucing dapat membedakan isi bahasa manusia berdasarkan perbedaan fonemik.

Baca juga: 7 Hal yang Ternyata Dibenci Kucing, Ini Daftarnya

Kendati demikian, ada beberapa kasus di mana kucing benar-benar tidak mengenali namanya.

Misalnya, jika memiliki anak kucing yang sebelumnya telah diberi nama atau mengadopsi kucing dewasa dan memberinya nama baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.