Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

"Puasa Skincare" dan Manfaatnya untuk Kulit

Kompas.com - 30/05/2022, 10:19 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Menggunakan produk perawatan memang sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit yang bermasalah. Akan tetapi, bagaimana jadinya kalau hal tersebut justru makin memperparah kondisi kulit kita?

Jika sudah mengalami kondisi seperti itu, kita bisa melakukan puasa produk perawatan wajah atau mempuasakan kulit (skin fasting). Menurut Dr. Sethi dalam Vogue, metode ini dilakukan dengan berhenti menggunakan produk perawatan untuk beberapa waktu.

Ia juga menambahkan bahwa metode ini berguna untuk menjaga kulit agar tak semakin terkikis. Hal ini tentu sangat berguna bagi kita yang memiliki permukaan kulit tipis akibat iritasi dan sensitif.

Selain itu, menurut dr. Dian Pratiwi, SpKK dalam siniar Semua Bisa Cantik bertajuk “Puasa Skincare dan Fungsinya untuk Kulit”, metode ini biasanya digunakan untuk menyembuhkan kulit yang sedang bermasalah agar kinerja kulit kembali normal.

Skin fasting bisa dilakukan dengan cara memangkas seluruh penggunaan produk perawatan wajah. Namun, bisa juga hanya berhenti menggunakan produk yang sekiranya bermasalah, tapi tetap memakai basic skincare (pencuci wajah, pelembab, dan tabir surya).

Pelaksanaannya pun bervariasi, ada yang hanya beberapa hari, seminggu, atau bahkan lebih. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit.

Tanda Kita Harus Melakukan Puasa Skincare

Menurut, dr. Dian, tak semua jenis kulit harus melakukan puasa skincare. Justru, jika memiliki masalah, seperti jerawat yang belum stabil, eksim, acne prone skin, flek hitam atau melasma, dan rosasea, kita membutuhkan produk perawatan.

Baca juga: 4 Alasan Inner Beauty Penting Dimiliki

Justru, bahan aktif itu digunakan agar tak memperparah kondisinya. Dengan puasa skincare, masalah-masalah kulit di atas bisa makin mengganas.

Sementara itu, ada beberapa kondisi yang mengharuskan kita untuk puasa skincare. Pertama adalah orang dengan kulit sensitif. Hal ini dilakukan agar mengurangi bahan-bahan aktif dalam kandungannya yang bisa memicu inflamasi.

Kedua, metode ini bisa digunakan jika kita mengalami iritasi saat mencoba suatu produk skincare. Iritasi ini bisa berupa kemerahan, break out, hingga pengelupasan pada kulit.

Maka dari itu, untuk mengetahui sumber masalahnya, kita perlu menghentikan penggunaan produk secara satu per satu. Setelah mengeliminasinya, kita bisa mengetahui produk mana yang menyebabkan masalah kulit. Tentunya, setelah itu, kita juga harus langsung menghentikan penggunaannya.

Jika kulit kita tak memiliki masalah serius, puasa skincare tidak diperlukan.

"Puasa skincare diyakini akan membuat kulit bernapas bebas sejenak setelah sebelumnya terus terpapar kandungan skincare. Walaupun berpotensi baik bagi kulit, tapi belum tentu dibutuhkan oleh kulitmu,” tutur dr. Dian.

Tetap Gunakan Tabir Surya

Meskipun sedang puasa skincare, salah satu produk yang tak boleh dilewatkan penggunaannya adalah tabir surya (sunscreen). Menurut Natalie Aguilar, seorang ahli dermatologi dari Los Angeles, menghentikan penggunaan tabir surya bisa memperburuk kondisi kulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com