Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/05/2022, 07:43 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Individu yang kelebihan berat badan atau obesitas akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal.

Jika diet ketat, berolahraga teratur, dan perubahan lain dalam gaya hidup tidak memberikan hasil yang signifikan, kita seringkali bertanya apa yang salah dengan upaya penurunan berat badan kita.

Melalui akun TikTok, pelatih pribadi asal Inggris, James Smith mengungkap beragam faktor yang menyebabkan upaya penurunan berat badan tidak berjalan lancar.

"Mereka yang berusaha mengurangi 20-30 kilogram lemak tubuh kemungkinan ragu untuk pergi ke tempat fitnes karena ada program latihan yang harus mereka lakukan," jelas James.

Ia melanjutkan, keraguan untuk melangkahkan kaki ke tempat fitnes bisa timbul karena ketakutan akan diejek atau diintimidasi oleh orang lain.

Keresahan akan hal-hal tersebut memang dapat melenyapkan motivasi kita untuk menurunkan berat badan.

Namun terkadang, seseorang cenderung mengabaikan cara paling sederhana yang bisa membantu menghilangkan lemak di tubuh, catat James.

Menurut James, menambahkan beban ekstra saat berlatih akan bermanfaat terhadap tujuan penurunan berat badan kita.

Ketika berlatih, James kerap memakai rompi khusus berbobot 15 kilogram.

"Saya tidak menyalahkan orang yang kelebihan berat badan, tetapi latihan yang paling sederhana pun akan jauh lebih sulit."

"Berjalan atau melakukan lunge, menaiki tangga, akan lebih sulit jika saya memakai rompi ini selama beberapa jam," terang dia.

Individu dengan kelebihan berat badan, sambung James, pada dasarnya memiliki ketahanan tubuh yang memadai untuk membakar kalori lebih banyak daripada orang lain.

"Setelah latihan sederhana seperti menaiki tangga dan memantau pola makan selama tiga hingga enam bulan, kita bisa mengucapkan selamat tinggal pada kelebihan berat badan," katanya.

"Di saat kita menurunkan berat badan, ide untuk pergi ke gym dan berolahraga seketika tidak tampak begitu menakutkan."

Sementara itu, pelatih pribadi dan exercise scientist Adam Sullivan dalam unggahan video di akun Instagram-nya mengingatkan, tidak ada olahraga apa pun yang dapat membakar lemak secara langsung.

Sebab, salah satu faktor utama penurunan berat badan adalah defisit kalori. Dengan kata lain, kita perlu membatasi kalori yang dikonsumsi, tidak hanya berolahraga.

Pergi ke tempat fitnes dan berjalan di atas treadmill atau mengangkat beban akan sia-sia jika kita tidak memerhatikan asupan makanan kita.

Kesimpulannya, lakukan olahraga secara rutin dan batasi jumlah kalori yang dikonsumsi agar berat badan kita menurun pada akhirnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com