Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Perkenalkan Mobil yang Dapat Berubah Warna karena Kekuatan Pikiran

Kompas.com - 31/05/2022, 11:40 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Januari lalu, BMW membuat banyak orang terpana dengan mengumumkan produk barunya, BMW iX Flow di CES 2022 di Las Vegas.

Pasalnya, konsep ini menampilkan teknologi inovatif yang dapat mengubah warna bodywork mobil hanya dengan satu sentuhan tombol saja.

Teknologi inovatif tersebut berhasil diwujudkan oleh produsen mobil asal Jerman ini berkat custom wrap khusus yang terdiri dari jutaan mikrokapsul dengan diameter sangat tipis, setara dengan ketebalan rambut manusia.

Nah ketika dirangsang oleh sinyal listrik, custom wrap tersebut membawa pigmen warna berbeda ke permukaan, terkadang hitam dan terkadang putih.

Lebih menariknya lagi, teknik ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengubah warna body mobil, namun juga dapat digunakan untuk menampilkan pola berbeda.

Tidak sampai di situ, baru-baru ini para insinyur BMW mengumumkan terobosan lagi. 

Mereka menggelar demo di pabrik perusahaannya dii Munich guna menunjukkan bagaimana aktivitas otak manusia dapat digunakan untuk mengubah pola warna bodywork mobil.

Untuk melakukan itu, tim insinyur ini benar-benar menghubungkan mobil tersebut ke otak manusia menggunakan electroencephalograph (EEG).

EEG akan merekam aktivitas listrik otak, yang tercermin dalam pola warna yang ditampilkan pada bodymobil.

Nah, semakin tinggi tingkat aktivitas otak, semakin beragam pola warna pada BMW iX Flow bereaksi dan berubah.

Lalu saat aktivitas otak menurun, perubahan pola pada iX Flow menjadi lebih tenang dan berirama.

Memang, teknologi baru ini belum sempurna dan masih perlu pengembangan agar lebih praktis. Namun,tes ini dapat menjadi awal dari semua jenis kemungkinan baru

Bahkan, jika dikembangkan, bukan tak mungkin bila teknologi ini dapat membuat pengemudi mengganti warna mobilnya sesuka hati hanya dengan menekan suatu tombol atau dengan memikirkannya saja.

Baca juga: Mini BMW Superbike M 1000 RR dari Lego, Seberapa Detail?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com