Kompas.com - 31/05/2022, 12:14 WIB

KOMPAS.com - Val Kilmer kembali memerankan karakter Tom "Iceman" Kazansky, di Top Gun: Maverick yang kini tayang di bioskop.

Kehadirannya sebagai sahabat sekaligus rival Tom Cruise itu menjadi surprise yang menyenangkan untuk penonton.

Pasalnya, aktor berusia 62 tahun itu diketahui sedang menghadapi penyakit kanker tenggorokan sehingga menarik diri dari dunia akting.

Ia juga kehilangan suaranya, setelah menjalani sejumlah perawatan, termasuk trakeotomi, sehingga tak bisa bersuaca dan berbicara dengan normal.

Baca juga: Jet Tempur F-18 Top Gun: Maverick Disewa Ribuan Dollar AS Per Jam

Namun para penoton Top Gun: Maverick akan mendapati adegan di mana aktor tersebut sempat berbicara normal dengan suara lamanya, sebelum jatuh sakit.

Rupanya, hal ini mungkin terjadi karena Val Kilmer bekerja sama dengan Sonantic, perusahaan teknologi asal London, yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menciptakan kembali suaranya.

Sonantic menggunakan rekaman lama suara Val Kilmer agar terlihat seolah-olah dia berbicara dalam film tersebut.

Hal itu dilakukannya demi bisa tampil seoptimal mungkin dalam sekuel Top Gun, yang tayang 36 tahun setelahnya itu.

Val Kilmer ketika membintangi Top Gun yang tayang pada 1986 laluRepro bidik layar via IMDB Val Kilmer ketika membintangi Top Gun yang tayang pada 1986 lalu

"Mereka menghormati warisan Iceman dan dia sangat terpesona dengan itu," kata Jack Kilmer, putranya, dalam wawancara Agustus 2021 lalu.

Keterlibatan kembali Val Kilmer sendiri tak lepas dari campur tangan Tom Cruise yang ngotot agar rekannya itu dilibatkan kembali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.