Kompas.com - 02/06/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Tubuh yang sehat dan bugar bisa didapat dengan melakukan aktivitas fisik.

Sejatinya rutinitas seperti berjalan kaki saja sudah bisa dianggap sebagai aktivitas fisik. Bahkan, berjalan kaki dapat memperpanjang usia dan menurunkan risiko kematian.

Demikian temuan dari makalah yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine baru-baru ini.

Studi tersebut mengungkap, berjalan cepat setiap hari dari satu titik ke titik lain merupakan langkah terbaik untuk memperpanjang umur.

Sebanyak lebih dari 5.000 orang dewasa berusia 40-85 tahun dijadikan subjek dalam studi ini.

Hasilnya, berolahraga selama 10 menit, 20 menit, dan 30 menit setiap hari mengurangi risiko kematian sebesar tujuh persen, 13 persen, dan 17 persen.

Baca juga: Rahasia Awet Muda Tom Cruise di Usia 59 Tahun, Tak Hanya Latihan Fisik

"Dalam studi ini, kami menggunakan pengukuran akselerometer untuk memeriksa hubungan antara aktivitas fisik dan kematian dalam sampel populasi orang dewasa AS," demikian bunyi keterangan para penulis studi.

"Temuan ini mendukung penerapan strategi berbasis bukti untuk meningkatkan aktivitas fisik pada orang dewasa dan berpotensi mengurangi kematian."

Tim peneliti menemukan akan ada 111.174 kematian yang dapat dicegah per tahun apabila setiap orang melakukan aktivitas fisik 10 menit per hari.

Kemudian, jika setiap orang berolahraga selama 20 menit dan 30 menit setiap hari, akan ada 209.459 dan 367.037 kematian yang dapat dicegah per tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.