Kompas.com - 02/06/2022, 10:45 WIB

KOMPAS.comDepresi merupakan gangguan suasana hati yang menyebabkan penderitanya merasa sedih dan kehilangan minat secara terus-menerus.

Kondisi tersebut juga dibarengi dengan terpengaruhnya pikiran, perasaan, dan perilaku yang menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik.

Makanya orang-orang yang sedang depresi kemungkinan mengalami kesulitan melakukan rutinitas secara normal dan merasa hidup yang dijalani tidak layak.

Walau dampaknya dapat dilihat secara jelas, sayangnya ada beberapa tanda tidak biasa dari depresi yang belum disadari banyak orang.

Hal itu menyangkut hubungan antara penderita depresi dengan orang lain dan munculnya perilaku meresahkan. Untuk lebih jelasnya, simak yang berikut ini.

Menunjukkan perilaku tidak biasa

Bukan hal yang aneh bila beberapa remaja yang bermasalah punya catatan kriminal, seperti mencuri karena kleptomania, atau berkelahi.

Sementara orang lain mungkin memiliki masalah dengan perselingkuhan, sedangkan anak punya kebiasaan menyelinap keluar dari rumah.

Perilaku semacam itu sebenarnya bisa dihubungkan dengan kemarahan, gangguan kepribadian kluster B, atau gangguan pemusatan perhatian atau ADHD.

Akan tetapi, beberapa orang dapat menunjukkan tindakan di luar dari batas-batas yang diharapkan.

Misalnya pasangan suami-istri yang kecanduan judi online atau seorang pria yang depresi sehingga lebih tempramental yang mendorongnya suka berkelahi.

Baca juga: Keinginan Bunuh Diri Bisa Muncul akibat Depresi, Harus Bagaimana?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.