Dr. Drs. I Ketut  Suweca, M.Si
PNS dan Dosen Ilmu Komunikasi STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja

Pencinta dunia literasi

Lihatlah, Hidup Semakin Indah dengan Selalu Bersyukur

Kompas.com - 02/06/2022, 12:06 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BARANGKALI sudah banyak pesan kita dapatkan dari para sahabat bahwa dalam hidup ini seyogianya kita sering bersyukur (be grateful). Mensyukuri apa yang ada, bersyukur atas karunia Tuhan.

Bersyukur bukan hanya dalam keadaan senang, juga tetap bersyukur di saat-saat kesulitan melanda. Sebisa-bisanya, hari-hari kita adalah hari-hari yang penuh syukur.

Bersyukur adalah penyampaian rasa terima kasih kepada Tuhan atas segala karunia-Nya. Ya, atas segala karunia yang Tuhan berikan kepada kita, umat-Nya.

Yang perlu ditanyakan, adakah alasan mengapa kita perlu bersyukur? Begitu pentingkah bersyukur dilakukan atau dipanjatkan? Mari kita lihat lebih jauh lagi.

Pertama, menyadari keterlibatan Tuhan.

Kita bersyukur kepada siapa? Kepada Tuhan, tentu saja. Secara tidak langsung hal itu berarti kita sudah menyadari bahwa ada keterlibatan Tuhan atas apa pun yang berhasil kita capai, keadaan apa pun yang sedang kita hadapi.

Kita yakini Tuhan terlibat dalam menentukan hasil -- apakah hal yang kita lakukan akan sukses atau tidak.

Sebagai manusia biasa, kita hanya bisa berusaha dengan sebaik-baiknya, tetapi Tuhan jualah yang akan menentukan hasil akhirnya.

Kedua, hidup lebih damai dan tenang.

Kedamaian hati, siapa tak butuh? Ketenangan batin, siapa yang menolak? Semua orang, penulis yakini, ingin sekali hidupnya tenang dan damai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.