Kompas.com - 02/06/2022, 12:38 WIB

KOMPAS.com - Video yang menampilkan detik-detik pesawat Garuda Indonesia mengalami turbulensi viral di media sosial, pada Selasa (31/5/2022).

Dalam video itu, terdengar teriakan histeris para penumpang. Suasana di kabin pesawat pun terasa menjadi menegangkan, karena kursi penumpang berguncang hebat.

Setelah dikonfirmasi Kompas.com, peristiwa itu ternyata terjadi saat pesawat hendak mendarat di Palu, Sulawesi Tengah.

Direktur Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra membenarkan pesawat Garuda pada penerbangan GA 608 rute Makassar-Palu, pada Minggu (29/5/2022), mengalami turbulensi akibat cuaca buruk.

Kendati demikian, pesawat yang berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar itu mendarat dengan selamat.

Baca juga: Trauma Naik Pesawat, Kadir Batalkan Pergi ke Amerika Sehari Sebelum Keberangkatan

Trauma naik pesawat karena mengalami turbulensi

Turbulensi merupakan kondisi ketika kecepatan aliran udara berubah drastis dan membuat pesawat terguncang.

Intensitas guncangannya bisa berbeda-beda tergantung faktor eksternal dan cuaca. Pada dasarnya kondisi ini tergolong normal ketika kita naik transportasi udara.

Menurut laporan dari jurnal Research in Transportation Economics, perjalanan udara cenderung lebih aman dalam hal risiko kematian dibandingkan moda transportasi lainnya, seperti kapal feri, mobil, kereta api, kereta bawah tanah, dan bus.

Bagi kebanyakan orang yang takut naik pesawat, beberapa faktor penyebabnya antara lain mendengar berita kecelakaan pesawat, trauma lepas landas, trauma saat landing dan pernah mengalami turbulensi.

Tak jarang hal itu pun membuat penumpang merasa cemas serta takut dalam penerbangan dan kerap disebut aviophobia.

Baca juga: Video Pesawat Turbulensi Jelang Mendarat di Palu Viral, Ini Kata Garuda Indonesia 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.