Kompas.com - 02/06/2022, 19:57 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sudah menerapkan berbagai program diet, tapi penurunan berat badan selalu gagal?

Coba cek lagi kualitas tidur kita belakangan ini. Perlu diketahui, tidur memiliki penting dalam program penurunan berat badan.

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan JAMA Internal Medicine, istirahat yang cukup di malam hari dapat mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi pada siang hari, sekitar 270 kalori.

Jika kebiasaan tidur yang baik dipertahankan selama tiga tahun, maka kita bisa menurunkan berat badan sekitar 11 kilogram tanpa usaha keras.

Baca juga: 9 Makanan yang Membantu Kita Menurunkan Berat Badan

"Apa yang menakjubkan dari penelitian ini adalah sekarang ada metode baru yang bisa digunakan untuk membantu orang dalam menurunkan berat badan."

Begitu kata Dr. Esra Tasali, Direktur Pusat Penelitian Tidur dari Universitas Chicago Medicine, seperti dilansir Today, Kamis (2/6/2022).

Penelitian tersebut seolah melengkapi penelitian yang dilakukan sebelumnya seputar dampak kurang tidur terhadap peningkatan nafsu makan dan berat badan.

Para peneliti melakukan sejumlah riset di laboratorium dengan merekrut 80 orang yang mengalami obesitas dan memiliki kualitas tidur yang buruk.

Mereka rata-rata hanya tidur kurang dari 6 jam, 7 hingga 9 jam setiap malam (seperti yang direkomendasikan oleh American Academy of Sleep Medicine).

Kebiasaan tersebut diteliti secara acak dan ditugaskan menjadi dua kelompok selama dua pekan.

Halaman:
Sumber Today


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.